PENDEKATAN WAYFINDING PADA MAL PELAYANAN PUBLIK DI SUKOHARJO

Natasya Khoiru Nissa, Avi Marlina, Ummul Mustaqimah

Abstract


Pelayanan publik adalah kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat oleh pemerintah. Kantor pelaksana pelayanan publik di Sukoharjo tersebar di beberapa tempat, sehingga masyarakat Kabupaten Sukoharjo membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang berlebih untuk mengurus satu dokumen. Upaya pemerintahKabupaten Sukoharjo untuk meningkatkan pelayanan dengan membangun Mal Pelayanan Publik. Mal Pelayanan Publik merupakan bangunan pusat pelayanan terpadu di Sukoharjo yang melayani pelayanan administratif dan pelayanan jasa. Pelayanan melibatkan beberapa instansi gabungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo, BUMN, BUMD, perbankan, dan kementrian. Bangunan mal pelayanan publik mewadahi semua kegiatan pengguna dari berbagai jenis pelayanan. Dengan demikian, perlu adanya bangunan pelayanan publik yang aksesibel dan nyaman bagi masyarakat dengan pendekatan wayfinding. Metode perencanaan dan perancangan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dimulai dengan mengidentifikasi isu dan permasalahan, mengumpulkan data, studi literatur, studi preseden, melakukan analisis dan merumuskan konsep. Hasil dari penelitian ini berupa penerapan elemen wayfinding pada konsep tapak, konsep peruangan, konsep massa, dan konsep tampilan. Penerapan elemen wayfinding pada konsep tapak melibatkan path, district, edge, node, dan signage. Penerapan elemen wayfinding pada konsep peruangan melibatkan district dan path. Penerapan elemen wayfinding pada konsep massa melibatkan district. Penerapan elemen wayfinding pada konsep tampilan melibatkan node, landmark, color, light, edge, dan signage.


Full Text:

PDF

References


Ching, Francis D. K., Edisi Ketiga, Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta : Erlangga.

Farr, A. C., Kleinschmidt, T., Yarlagadda, P., & Mengersen, K. (2012). Wayfinding: A simple concept, a complex process. Transport Reviews, 32(6), 715-743. Diakses dari https://www.academia.edu/63794729/ Wayfinding_ A_simple_concept_ a_complex_process

Gosh.nhs.uk. (2020. Januari). Great Ormond Street Hospital for Children. Diakses dari https://www.gosh.nhs.uk/

Jamal, B. H., Purwani, O., & Mustaqimah, U. (2021). PENERAPAN KONSEP WAYFINDING PADA DESAIN STASIUN MANGGARAI SEBAGAI STASIUN TERINTEGRASI ANTARANGKUTAN UMUM

MASSAL. Senthong, 4(1).

Menpan.go.id (2023). Masyarakat Sukoharjo Akan Rasakan Beragam Layanan di Satu Tempat. Diakses pada 25 Januari 2023, dari https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/masyarakat- sukoharjo-akan-rasakan-beragam-layanan-di-satu-tempat diakses

Lynch, Kevin. (1960). The image of the city. Cambridge: MIT Press.

Natalisa, A. (2020). Kriteria Performansi Elemen Wayfinding pada Bangunan Perbelanjaan. Diakses dari https://scholar.google.com/scholarhl=id&as_sdt=0%2C5&q=Natalisa%2C+A.+%282020%29.+K riteria+Performansi+Elemen+Wayfinding+pada+Bangunan+Perbelanjaan.&btnG=

Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Garis Sempadan Setijaningrum, Erna. (2009). Inovasi pelayanan publik. Surabaya : Medika Aksara Globalindo

Umam, U., & Adianto, A. (2020). Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 4(1), 160-165.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.