PENERAPAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR PADA TERMINAL TYPE A DI SAMPANG-MADURA

Akmalul Mulki, Tri Yuni Iswati, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Terminal Type A di Sampang Madura merupakan terminal angkutan umum yang dapat melayani pejalanan antar desa, antar kota dalam provinsi dan antar kota antar provinsi. hal ini sebagai respon terhadap urgensi yang terjadi di pusat kota seperti kemacetan yang disebabkan oleh angkutan umum mengganggu lalu lintas. Tujuan dalam penelitian ini sebagai salah satu fasilitas kota yang menerapkan arsitektur neo-vernakular dengan mengangkat nilai kearifan lokal dan melestarikan budaya sehingga pendekatan arsitektur neo-vernakular terpilih. Konsep arsitektur neo-vernakular kerap digunakan arsitek dalam merancang bangunan dimasa sekarang ini. Metode yang digunakan adalah metode desktriptif kualitatif dengan proses indetifikasi masalah, eksplorasi dari tinjauan literatur dan preseden. Hasil dari penelitian ini membahas penerapan arsitektur neo-vernakular yang mengintrepretasi dari teori Charles Jenks dengan meliputi 5 ciri arsitekur neo-vernakular pada konsep tersebut.. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini berupa penerapan arsitektur neo-vernakular yang menekankan pada pengolahan bentuk massa bangunan, penggunaan bahan lokal serta pola tata letak massa yang mengadaptasi dari rumah adat Madura yakni Rumah Taneyan Lanjhang.

 

Kata Kunci: Terminal Type A, Sampang-Madura, Arsitektur Neo-Vernakular,Taneyan Lanjhang


Full Text:

PDF

References


Abubakar I, dkk . 1995. Menuju Lalu Lintas Angkutan dan Angkutan Jalan Yang Tertib. Jakarta : Direktorat Jendral Perhubungan Darat

A. Ardhiza Savitri. 2017. Tinjauan Perencanaan Terminal Penumpang Angkutan Darat Pada Terminal Malengkeri. Tugas Akhir Prodi Teknik Sipil Universitas Hasanuddin.

Akbar, Ahmad Radinal. 2018. “Fasilitas Terminal Tipe A Tirtonadi Purabya” dalam Laporan Kerja Prakter. Bekasi : Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Avesta, S. d. Juni 2016. Kajian Desain Terminal Bus Tirtonadi Solo dalam Rangka Peningkatan Mutu Layanan dan Ketertiban. Jurnal RUAS, Volume 14, No 1.

Fahri Egha Randang, S. S. 2015. Redesain Terminal Penumpang Tangkoko Di Kota Bitung. E-Journal Unsrat, 150.

Indonesia, K. P. (2020, Februari 16). Biro Komunikasi dan Informasi Publik. Retrieved from e-Announcement LHKPN: dephub.go.id

Permen.2021. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 24 Tahun 2021 tentang Terminal Transportasi Jalan. Departemen Perhubungan. Jakarta.

Morlok, Edward K. 2005. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta:Erlangga.

Neufert, E. K. 2002. Data Arsitek Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Pramudhita, A. 2015. Kajian Kondisi sosial ekonomi pedagang partisi di Terminal bus purwokerto. Repository UMP, 5.

Republik Indonesia, M. P. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomer 40 Tahun 2015

Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta.Republik Indonesia. 2019. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek. Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.