PENERAPAN DEFENSIBLE SPACE DAN LINGKUNGAN RAMAH ANAK PADA PUSAT KOMUNITAS ANAK DI KOTA BEKASI, JAWA TENGAH

Yasmine Aleyda Syahrani, Ofita Purwani, Sri Yuliani

Abstract


Anak memiliki hak untuk bersosialisasi, bermain, dan berekreasi sesuai dengan potensi mereka. Nyatanya, terdapat beberapa isu yang menghalangi anak khususnya bagi anak-anak di Kota Bekasi dalam memenuhi hak tersebut. Isu tersebut meliputi padatnya perkotaan mengurangi ruang bermain anak, padatnya waktu anak ditambah dengan fasilitas bermain yang tidak terintegrasi semakin menghabiskan waktu anak, hingga fasilitas ruang publik yang tidak berjalan dengan optimal. Sebagai bentuk upaya untuk memenuhi hak anak, maka dihasilkan fasilitas terintegrasi dengan wadah anak untuk bersosialisasi dan berekreasi yang terintegrasi dengan wadah bermain memadai untuk seluruh kalangan dalam bentuk fasilitas Pusat Komunitas Anak di Kota Bekasi yang didukung dengan pendekatan defensible space dan lingkungan ramah anak. Metode desain dilakukan dengan metode kualitatif dengan mengidentifikasi topik, mengumpulkan dan menganalisis data, serta merumuskan strategi. Hasil dari metode desain yang dilakukan merupakan pengolahan tapak yang menyesuaikan kriteria anak dengan kebutuhan pusat komunitas, peruangan yang menyesuaikan kegiatan pada pusat komunitas, menggunakan bentuk dan tampilan yang menguatkan identitas, serta menggunakan struktur dengan mempertimbangkan keselamatan anak.

 

Kata kunci: pusat komunitas anak, hak bermain anak, defensible space, lingkungan ramah anak, Kota Bekasi.


Full Text:

PDF

References


UNICEF. (2012). Children in an Urban World. 1.

Wonoseputro, C. (2007) Ruang Publik Sebagai Tempat Bermain Bagi Anak-anak. Studi Kasus Pengembangan “The Urban Zoo” bagi Kawasan Pecinan di Singapura. Jurnal Dimensi Teknik Arsitektur, 35 (1), 73-79.

Sinulingga, Pompe. (2022). Diduga Terpeleset Saat Bermain, Bocah di Bekasi Tewas di Sungai. Kompas.tv. https://www.kompas.tv/video/289854/diduga-terpeleset-saat-bermain-bocah-di-bekasi-tewas-di-sungai.

Putro, Panji. (2021). Bocah 10 Tahun di Bekasi Tewas Tertabrak Kereta Api saat Bermain, Korban Tak Dengar Teriakan Warga. Video.tribunnews.com. https://video.tribunnews.com/view/272527/bocah-10-tahun-di-bekasi-tewas-tertabrak-kereta-api-saat-bermain-korban-tak-dengar-teriakan-warga.

Ato, Stefanus. (2022). Kota Bekasi Krisis Ruang Publik. Kompas.id. https://www.kompas.id/baca/metro/2022/08/03/kota-bekasi-krisis-ruang-publik.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi. (2019). Bekasi Macet, Dishub: Kapasitas Jalan dan Kendaraan Tak Sebanding. https://eyeclick.bekasikota.go.id/blogs/umum/bekasi-macet-dishub-kapasitas-jalan-dan-kendaraan-tak-sebanding.

Battles, Magdalena. (2020). The Danger of Overscheduling You Kids. Lifehack.Org. https://www.lifehack.org/886295/overscheduled-kids.

Pay, Christina. (n.d.). Avoid Overscheduling Burnout with Your Child by Creating Opportunities for Downtime. Extension.Usu.Edu. https://extension.usu.edu/relationships/faq/avoid-overscheduling-burnout-with-your-child-by-creating-opportunities-for-downtime.

Newman, O. (1976). Creating Defensible Space, by Oscar Newman of Institute for Community Design Analysis.

Affif, A. M., & Novrial, N. (2021). Implementasi Crime Prevention Through Environmental Design (CPTED) Pada Fasilitas Parkir Sepeda Motor (Studi Kasus: Kampus Fakultas Ilmu Budaya USU). TATALOKA, 23(1), 127–137.

National Institute of Building Sciences. (2017). Child Development Centers. https://www.wbdg.org/building-types/education-facilities/child-development-centers.

Pramudityo, Nada dkk. (2023). Sekolah Alam sebagai Sarana Pendidikan Karakter di Jakarta Barat dengan Mempertimbangkan Karakteristik Anak. Senthong, 6(1), 243-244.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.