KONSEP PENANGGULANGAN POLUSI CAHAYA PADA OBSERVATORIUM BINTANG DI KABUPATEN KARANGANYAR

Aldi Muhammad Rahmadhan, Avi Marlina, Ummul Mustaqimah

Abstract


Observatorium merupakan sebuah wadah penelitian astronomi yang memiliki fungsi penelitian dan pendidikan, yang keberadaannya di Indonesia saat ini masih kurang optimal dikarenakan adanya gangguan dari polusi cahaya yang bersumber dari pemukiman di sekitar site. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan sebuah observatorium yang optimal tanpa terganggu oleh polusi cahaya yang ada di sekitar site dan dapat menanggulangi polusi cahaya yang selalu muncul di sekitar site, sehingga observatorium berfungsi secara optimal. Penanggulangan ini nantinya akan bersifat berkelanjutan, dikarenakan pertumbuhan penduduk di Indonesia semakin pesat dan akan menciptakan polusi cahaya dari rumah -rumah yang terbangun. Metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi identifikasi permasalahan, pengumpulan data, analisis data, dan perumusan konsep. Hasil dari penelitian ini memberikan rancangan observatorium dengan memperhatikan konsep penanganan khusus polusi cahaya, konsep pengolahan tapak, konsep pengolahan tampilan bang unan, serta konsep struktur bangunan yang dapat menanggulangi serta mencegah polusi cahaya yang dapat mengganggu proses penelitian dan pengamatan astronomi secara berkelanjutan.

 

Kata kunci: Observatorium bintang, polusi cahaya, penanggulangan, astronomi, berkelanjutan

 


Full Text:

PDF

References


Fachrunnisa, A. T., Daryanto, T. J., & Farkhan, A. (2022). Penyatuan bangunan dan Lingkungan Melalui Komposisi Massa dengan Pendekatan Arsitektur Organik pada Planetarium Tawangmangu. Jurnal Senthong, 65-76.

Kartini, N., & Burhanudin, H. (t.thn.). Pengujian Kriteria Kawasan Tertentu Terhadap Kompleks

Observatorium Bosscha sebagai Dasar Penentuan Bentuk Pengelolaan Kawasan. Jurnal

Perencanaan Wilayah dan Kota, 1-13.

Prastyo, H. A., & Herdiwijaya, D. (2018). Analisis Dinamika Polusi Cahaya di Sekitar Observatorium

Bosscha Berdasarkan Citra Satelit VIIRS-DNB. Seminar Nasional Penginderaan Jauh ke-5, 1-10. Sylvie, & Anastasia Maurina, S. M. (t.thn.). Rancangan Atap Retractable pada Observatorium Bosscha.

Jurnal Universitas Katolik Parahyangan, 1-17.

Waumas, A. A. (2013). The Typology of Astronomical Observatories. Delft University of Technology

Journal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.