PENERAPAN KONSEP ERGONOMI PADA PERANCANGAN SEKOLAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INKLUSI DI BOYOLALI

Laraswati Septyaningrum, Titis Srimuda Pitana, Pratiwi Anjar Sari

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan nilai Sumber Daya Manusia (SDM) suatu bangsa untuk mendukung kemajuan. Masa terbaik sesorang mengenal dan mengembangkan bakatnya adalah saat usia dini, sehingga penting terselenggaranya Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan itu sendiri diharuskan dapat diterima setiap orang tanpa terkecuali, hal tersebut mendasari adanya sistem pendidikan inklusi. Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kota/kabupaten pendukung kemajuan pendidikan inklusi, namun kondisi fasilitas serupa yang ada belum memenuhi kebutuhan anak anak yang bersekolah disana. Pendekatan ergonomi dipilih karena memiliki prinsip dan indikator yang selaras dengan prinsip pendidikan inklusi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tahapan berupa identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, dan pengelolahan data. Data yang dikumpulkan diolah sehingga memiliki satu desain yang sesuai dengan pergerakan anak usia 2-6 tahun. Penelitian ini menghasilkan satu desain Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi dengan penerapan prinsip dan indikator ilmu ergonomi. Desain yang dimaksutkan mencakup desain peruangan, tapak, massa bangunan, setruktur bangunan dan utilitas bangunan. Sehingga harapannya desain ini dapat menjadi acuan untuk desain Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi selanjutnya.

 

Kata kunci: PAUD, Inklusi, Ergonomi, Kab.Boyolali.


Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(5), 55.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika, 50–58.

Fitriah, W. (2018). Implementasi Model Bcct (Beyond Center and Circle Time Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Dori Way Kanan. Undergraduate Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Hasimjaya, J., Wibowo, M., & Wondo, D. (2017). Kajian Antropometri & Ergonomi Desain Mebel Pendidikan Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Siwalankerto. Intra, 5(2), 449–459.

Mahira, E. D. (2019). Perancangan Fasilitas Belajar Dan Bermain Yang Ergonomis Bagi Anak-Anak Paud. Vastuwidya, 1(2), 79–86.

Siaul, N., Wibowo, M., & Rizqy, M. T. (2018). Analisis Ergonomi Terhadap Desain Mebel Pada Sekolah Anak Usia Dini Dengan Antropometri Anak Usia 2 – 3 Tahun. Intra, 6(2), 83–93.

Siboro, B. A. H., Suroso, Suhendrianto, & Esmijati. (2013). Penerapan 12 Prinsip Ergonomi pada Ruang Server (Studi Kasus Ruang Server Universitas Gadjah Mada). Profisiensi, 1(1), 17–29.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparno. (2010). Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Khusus (Vol. 7, Issue 2, pp. 4–15).

Woriassy, S. P., & Tungka, A. E. (2016). Stadion Sepak Bola Di Kota Jayapura Ergonomi Dalam Arsitektur. Daseng, 1, 1–147.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.