IMPLEMENTASI PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI PADA DESAIN PASAR IKAN MODERN DI KABUPATEN KULON PROGO

Nur Aisyah Risma Diana, Musyawaroh Musyawaroh, Tri Joko Daryanto

Abstract


Indonesia sebagai negara kelautan memiliki potensi perekonomian di sektor perikanan, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020 – 2024 serta sebagai anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) melaksanakan Blue Economy. Ketahanan ekonomi melalui sektor ini dapat dicapai dengan menyediakan wadah untuk menyalurkan hasil kelautan dan perikanan Indonesia melalui pasar ikan yang memenuhi persyaratan sanitasi dan higienitas serta dilengkapi fasilitas pendukung. Pasar ikan modern memiliki potensi dibangun di Kabupaten Kulon Progo dengan pertimbangan telah tersedianya pelabuhan dan hasil perikanan yang unggul pada kabupaten tersebut. Namun demikian, Kabupaten Kulon Progo memiliki permasalahan lingkungan yakni polusi sampah, polusi air laut, sungai dan tanah. Pasar ikan modern kemudian dirancang dengan menggunakan pendekatan arsitektur ekologi sehingga tidak menambah permasalahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara studi preseden, dokumentasi serta observasi lapangan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis sehingga didapatkan prinsip-prinsip arsitektur ekologi serta implementasinya pada bangunan Pasar Ikan Modern di Kabupaten Kulon Progo. Prinsip-prinsip arsitektur ekologi yang diaplikasikan pada objek rancang bangun adalah solusi tumbuh dari asal (kontekstual), bangunan hemat energi, desain partisipatif, environmental view, elemen vegetasi, dan penggunaan material ramah lingkungan.


Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Kulon Progo. 2022. Kabupaten Kulon Progo Dalam Angka (BPS Kabupaten Kulon Progo (ed.)). BPS Kabupaten Kulon Progo.

Peraturan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nomor 6 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Pembangunan Pasar Ikan Modern Tahun 2019, 30 (2019).

Utami, N. A., Setyaningsih, W., & Winarto, Y. 2020. Penerapan Arsitektur Ekologis pada Perencanaan Agrowisata Kopi Di Desa Serang, Purbalingga, Senthong, Vol.3 No.1, Januari 2020; halaman 136-145

Van der Ryn, S., & Cowan, S. 2007. Ecological Design. Tenth Anniversary Edition. In Landscape and Urban Planning.

Yuliani, S. 2014. Metode Perancangan Arsitektur Ekologi (Samsudi (ed.)). UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.