RELOKASI RSUD DR. SOEBANDI TIPE B DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DI KABUPATEN JEMBER

Pristi Rahayuningsusanti, Kahar Sunoko, Dyah Susilowati Pradnya Pramita

Abstract


RSUD Dr. Soebandi Jember sebagai Rumah Sakit Tipe B memiliki peran yang sangat penting bagi Kabupaten Jember dan Kabupaten di sekitarnya dibidang Kesehatan sebagai rumah sakit rujukan regional.  Namun dalam prosesnya peningkatan pelayanan baik dari kualitas maupun kuantitas sudah tidak lagi memungkinkan dikarenakan kurangnya lahan pada RSUD Dr. Soebandi Jember. Relokasi RSUD Dr. Soebandi Jember sangat mempertimbangkan  pasien sebagai pengguna utama dalam rancang bangun Rumah Sakit sebagai prioritas utama dalam merancang bangunan rumah sakit. Kenyamanan pasien dari sisi psikis mampu mempercepat proses penyembuhan pasien,sehingga perlunya mempertimbangkan arsitektur perilaku dalam merancang bangunan rumah sakit.  Kajian ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif dengan identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis, dan konseptualisasi. Rangkaian tahapan ini menghasilkan penerapan variabel dan kaidah arsitektur perilaku secara terperinci dalam konsep tapak, konsep peruangan dan zonasi, serta konsep bentuk dan tampilan.


Full Text:

PDF

References


Aspirani, M., Hadiansyah, M. N., & Haristianti, V. (2020). Peran Healing Environment pada Interior Instalasi Rawat Inap VIP Ibu di RSIA. Waca Cipta Ruang : Jurnal Ilmiah Desain Interior, 6(2).61-70.

Cahyo, F. D. (2018). Analisa Kualitatif Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap pada Rumah sakit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan Tahun 2018. Helvetia Repository, 1-5.

Duerk, Donna P. (1993). Architectural Programming: Information Management for Design. New York:

John Wiley & Sons, Inc.

Depkes RI. (1998). Data Riset Kesehatan Dasar Tahun 1998. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

RSD Dr. Soebandi (2021). Laporan Kinerja RSD Dr. Soebandi Kabupaten Jember Tahun 2021. Jember:

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Jember.

RSD Dr. Soebandi. (2021). Rencana Strategis (Renstra) Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Kabupaten

Jember Tahun 2021-2026. Jember: Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten

Jember.

Yunida, M. E. (2016). Pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(3), 287-297.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.