KONSEP DESAIN KAWASAN PERTANIANHIDROPONIK GUNA MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN KOTA JAKARTA DI PENGADEGAN, JAKARTA SELATAN

Alit Maulana Dwi Putra, Tri Joko Daryanto, Musyawaroh Musyawaroh

Abstract


Ketergantungan pangan yang tinggi di kota-kota metropolitan seperti Jakarta menimbulkan tantangan serius dalam memastikan ketahanan pangan lokal. Artikel ini membahas konsep desain kawasan pertanian hidroponik sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Jakarta. Melalui integrasi teknologi pertanian modern dan konsep desain perkotaan berkelanjutan, kawasan pertanian hidroponik diharapkan dapat memberikan solusi yang efisien dan berkelanjutan terhadap kebutuhan pangan kota. Pendekatan ini mencakup analisis terhadap kondisi lingkungan, sosial, dan ekonomi kota Jakarta untuk merancang kawasan pertanian hidroponik yang dapat beroperasi secara optimal. Pemanfaatan lahan terbatas, efisiensi penggunaan air, dan peningkatan produksi tanaman menjadi fokus utama dalam perancangan ini. Selain itu, artikel ini juga menggambarkan potensi pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan kemandirian pangan melalui penerapan model pertanian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa desain kawasan pertanian hidroponik memiliki potensi besar untuk mengurangi ketergantungan pangan kota, meningkatkan ketahanan pangan, dan merangsang pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal. Hasil dari pembahasan ini menghasilkan desain kawasan yang bengggabungkan kegiatan pertanian, pemasaran, wisata, dan edukasi untuk berbagai pengguna dengan mengintegrasikan semua aktivitas menjadi sistem yang harmonis guna menciptakan kawasan yang mandiri dalam penyediaan pangan dan mempromosikan nilai keberlanjutan untuk masyarakat secara luas.

Full Text:

PDF

References


Anjani, A. N., & Gede, P. A. (2021). Evaluasi Penerapan Konsep Universal Design di Stasiun Surabaya

Gubeng. Jurnal Teknik ITS, 69-74.

Effendi, G. R., Repi, & Cheris, R. (2019). PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA TUNAGRAHITA DI KOTA

PEKANBARU PROVINSI RIAU. Jurnal Arsitektur : Arsitektur Melayu dan Lingkungan , 1-11.

Michael, D. (2020). PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TINGGI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI

UNIVERSITAS BRAWIJAYA. Jurnal HAM, 201-217.

Munawaroh, A. S., & Aisyah, S. (2019). Kajuan Ruang Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Bakti Dharma

Pertiwi Lampung. Jurnal Idealog, 143-158.

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2020). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar

Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 422-427.

Ndaumanu, F. (2020). HAK PENYANDANG DISABILITAS: ANTARA TANGGUNG JAWAB DAN

PELAKSANAAN OLEH PEMERINTAH DAERAH. Jurnal HAM, 131-150.

Noviana, M., & Hidayati, Z. (2020). Kajian Implementasi Desain Universal Pada Taman Samarendah.

Jurnal Arsitektura, 01-12.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun

Tentang Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang

Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan

Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah

Kabupaten Karanganyar Tahun 2013-2032.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.