PENERAPAN PRINSIP HEALING ENVIRONMENT PADA PERANCANGAN RUMAH SAKIT KANKER DI JAKARTA PUSAT

Haniifah Sekar Puteri, Ahmad Farkhan, Agung Kumoro Wahyuwibowo

Abstract


Kasus Kanker di Indonesia pada tahun 2020 tercatat 396.614 kasus baru dan 234.511 kematian. Data ini menunjukkan peningkatan pada tahun 2020 sebesar 13% dibanding tahun. Namun, tingginya angka prevalensi kanker tidak sebanding dengan fasilitas yang sudah tersedia. Pasien kanker membutuhkan penanganan tidak hanya dari aspek fisik tetapi juga dari aspek psikis.  Kualitas proses pemulihan pasien dapat memburuk dikarenakan fasilitas pengobatan kanker yang tidak didukung lingkungan yang positif. Healing environment menjadi pendekatan yang dipilih sebagai strategi untuk membantu proses penyembuhan pasien melalui lingkungan alam, indra, dan psikologis penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan prinsip-prinsip healing environment yang dapat diterapkan pada perancangan Rumah Sakit Khusus Kanker. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu melalui tahapan identifikasi gagasan/masalah, pengumpulan data yang diperoleh dari studi literatur dan studi preseden, analisis data yang kemudian menghasilkan solusi berdasarkan prinsip healing environment. Tiga aspek konsep healing environment diwujudkan pada pengolahan site, penerapan bentuk massa bangunan, peruangan, dan zonasi. Rumah Sakit Khusus Kanker dengan pendekatan healing environment diharapkan dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan fasilitas pengobatan serta meningkatkan kualitas proses penyembuhan.

Full Text:

PDF

References


Bloemberg, F. C., Juritsjeva, A., Leenders, S., Scheltus, L., Schwarzin, L., Su, A., & Wijnen, L. (2009). Healing environments in radiotherapy. Recommendations Regarding Healing Environments for Cancer Patients. Project Report.

Dijkstra, K. 2009. Understanding Healing Environments. Effects of Physical Environmental Stimuli on Patiens’ Effects od Health and Well-Being, 14

Kania, Rachma. (2010). Evaluasi Taman Rumah Sakit sebagai Healing Garden. Institut Pertanian Bogor.

Kurniawati, F. 2007. “Peran Healing Environment terhadap Proses Kesembuhan”. Mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur. Yogyakarta

Murphy, J. 2008. The Healing Environment. Retrieved from https://www.depts.ttu.edu/architecture/.

Nailufar, Balqis. (2016). Desain Taman dengan Konsep Healing Garden pada Area Napza di Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Jurnal Lanskap Indonesia, 8 (2), 105-118.

Ulrich, R. 2002. Health Benefits of Gardens in Hospitals. Texas: Texas A & M University.

Saniatuzzulfa, Rahmah., Retnowati, Sofia (2015). Program “Pasien Pandai” Untuk Meningkatkan Optimisme Pasien Kanker. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology.

Tamara, J. V. (2017). Rumah Sakit Kanker Di Sleman Penekanan Pengolahan Tata Lansekap Dengan Prinsip Healing Garden (Doctoral dissertation, UAJY).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.