DESAIN RAMAH LANSIA UNTUK INSTALASI GERIATRI PADA RUMAH SAKIT KELAS C DI KOTA TEGAL

Vanadian Kharisna Prima Aritma Wardhani, Ahmad Farkhan, Agung Kumoro Wibowo

Abstract


Penuaan penduduk di Kota Tegal perlu disiasati dengan adanya persiapan dalam berbagai aspek sebagai upaya menjaga kesejahteraan penduduk lansia. Dari berbagai asek yang ada aspek Kesehatan merupakan salah satu aspek yang cukup penting untuk diperhatikan. Upaya yang dapat dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapi penuaan penduduk adalah dengan menamba fasilitas kesehatan khusus lansia dengan fasilitas dan pelayanan yang lebih lengkap. Penerapan Desain Ramah Lansia pada Instalasi Geriatri diperlukan agar pelayanan dapat berjalan dengan maksimal karena desain ruang yang digunakan dapat memenuhi kebutuhan pasien lansia. Metode yang digunakan adalah implementasi prinsip-prinsip desain ramah lansia, yaitu Safety, Support, Cognition, dan Wellbeing terhadap fisik bangunan Instalasi Geriatri dan lingkungan sekitar bangunan yang telah disesuaikan berdasarkan hasil analisis desain. Penerapan prinsip-prinsip tersebut dapat mempermudah pasien lansia dalam berobat sehingga dapat meningkatkan kondisi kesehatan penduduk lansia di Kota Tegal.


Full Text:

PDF

References


Architectural Services Department The Government of the Hong Kong Special Administrative Region. (n.d.). Elderly-friendly Design Guidelines.

Badan Pusat Statistik Kota Tegal. (2021). Kota Tegal Dalam Angka 2021.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2016). Profil Lansia Provinsi Jawa Tengah 2016.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2017). Profil Lansia Provinsi Jawa Tengah 2017.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2018). Profil Lansia Provinsi Jawa Tengah 2018.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2019). Profil Lansia Provinsi Jawa Tengah 2019.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2020). Profil Lansia Provinsi Jawa Tengah 2020.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2021). Profil Lansia Provinsi Jawa Tengah 2021.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 14/PRT/M/2017 Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung, (2017).

Parke, B., Friesen, K., & Fraser Health Authority (B.C.). (2007). Code Plus : Physical Design Components for an Elder Friendly Hospital. Fraser Health Authority.

Souza, E. (2019, September 5). How to Design Safe Bathrooms for the Elderly. ArchDaily. https://www.archdaily.com/923474/how-to-design-safe-bathrooms-for-theelderly?ad_source=search&ad_medium=projects_tab&ad_source=search&aD_medium=search_result_all


Refbacks

  • There are currently no refbacks.