PENERAPAN KONSEP SMART BUILDING PADA PERANCANGAN PERPUSTAKAAN UMUM KOTA DAN CO-WORKING SPACE DI SURAKARTA

Ananda Angels Hanifah Santoso, Ana Hardiana

Abstract


Tingkat minat baca masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun terbilang sudah cukup meningkat, walaupun tidak meningkat secara signifikan. Begitu pula di Kota Surakarta, berdasarkan data Arpusda tahun 2021 tingkat minat baca masyarakat pada beberapa wilayah terbilang cukup tinggi. Namun ironisnya hal ini tidak diimbangi dengan adanya fasilitas perpustakaan yang memadai sehingga berdampak pada rendahnya kunjungan perpustakaan. Bahkan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan Perpustakaan Kota Surakarta, dan sebagian besar pengunjung hanya menggunakan perpustakaan ini sebagai tempat bekerja dan mengerjakan tugas. Hal ini didukung dengan trend kerja sekarang yang semakin berkembang dan sangat fleksibel sehingga bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun atau yang biasa dikenal dengan WFA (Work From Anywhere. Realita tersebut menunjukkan bahwa di Surakarta ini masih sangat membutuhkan fasilitas yang dapat mewadahi kebutuhan masyarakat akan ruang literasi dan ruang bekerja. Tujuan penelitian ini berupa konsep perpustakaan umum kota dan co-working space berbasis smart building. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif-deskriptif dengan tahapan awal berupa identifikasi masalah, pencarian data, kemudian menganalisis suatu kriteria desain sebagai acuan perancangan perpustakaan umum kota dan co-working space berbasis smart building yang kemudian ditransformasikan ke dalam sebuah desain. Hasil penelitian ini berupa konsep desain perpustakaan umum kota dan co-working space berbasis smart building yang diterapkan dalam pengolahan tapak, bentuk, tampilan, peruangan, tata sikulasi, material, struktur dan utilitas bangunan. Prinsip smart building tersebut diantaranya prinsip efektif, efisien, ramah lingkungan, dan teknologi baru.

 

Kata kunci: Co-working Space, Perpustakaan, Smart Building.

Full Text:

PDF

References


Basuki, S. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, Z. A. (2005). Pengembangan Perpustakaan Digital: Studi Kasus Perpustakaan Universitas Indonesia. Makalah Pelatihan Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi. Cisarua-Bogor, 17-18.

Hutasoit, H. R. (2012). Perpustakaan digital perpustakaan masa depan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 6(02), 52-58.

Mutia, S. (2022). Perancangan Perpustakaan Kota Langsa (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Rachmadyanti, R., Kaharu, A., & Demak, N. A. K. (2020). Perancangan Perpustakaan Umum Kota Gorontalo Dengan Pendekatan Smart Building. Radial: Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa dan Teknologi, 8(2), 75-88.

Rezhivani, R. (2018). Perancangan perpustakaan umum di Kota Pasuruan dengan pendekatan Smart Building (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.