STOPOVER TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN ANALISIS ETOLOGI MELALUI CONTEXT-BASED METHOD

Anisa Ipung Pinanggih, Ana Hardiana

Abstract


Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu surga alam Indonesia yang mempesona, dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Namun dalam perkembangannya, seringkali kurang diperhatikan kebutuhan manusia sebagai pengunjung. Oleh karena itu, perancangan sebuah stopover dinilai penting karena tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik pengunjung, tetapi juga mencerminkan hubungan harmonis antara manusia dan lingkungannya. Pendekatan analisis etologi menjadi landasan utama dalam proses perancangan. Etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku hewan dalam lingkungan alaminya. Penggunaan analisis etologi dinilai dapat memberikan wawasan yang berharga dalam merancang ruang publik yang berkesan dan ramah terhadap alam. Stopover ini akan menjadi titik persinggahan yang memungkinkan pengunjung untuk mengamati, merasakan, dan berinteraksi dengan alam Taman Nasional Way Kambas sebagaimana berinteraksi dengan flora dan fauna yang ada. Context Based-Method digunakan sebagai analisis awal untuk memastikan bahwa desain terintegrasi secara harmonis dengan konteks alam dan lingkungan sekitar. Dengan menggunakan context based-method, rumusan rekomendasi perancangan untuk stopover dapat mengakomodasi kebutuhan fauna, menciptakan interaksi positif antara manusia dan lingkungan, serta memberdayakan pendekatan edukatif untuk konservasi alam. Setiap elemen arsitektur akan menjadi simbolis dari karakteristik lingkungan dan fauna yang ada di taman nasional ini, sehingga proses perancangan stopover tidak hanya berfungsi sebagai tempat singgah tetapi juga sebagai wahana pendidikan dan pelestarian lingkungan.

Kata kunci: context based-method, etologi, stopover.


Full Text:

PDF

References


Alfila, I., & Radhi, M. (2019). Perilaku Satwa Liar pada Kelas Mamalia. Birueun: Universitas Almuslim.

AWALIAH, A. T. S. (2018). Perilaku Makan dan Studi Pakan Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas.

Citra, A. (2023). ANALISIS JENIS TUMBUHAN PAKAN DROP IN BADAK SUMATERA (Dicerorhinus sumatrensis) DI SUMATRAN RHINO SANCTUARY (SRS) DAN PERBANDINGAN JENIS TUMBUHAN PAKAN HASIL RESTORASI RAWA KIDANG, TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS. Hildayanti, A. (2019). Pola Pergerakan Wisatawan pada Kawasan Pariwisata Pantai Kota Makassar. Jurnal Koridor, 10(1), 27-34.

Djuri, S. (n.d.). BADAK SUMATERA (Dicerorhinus sumatrensis).

International Union for Conservation of Nature. 2018. World Conservation Union-Red List of Threatened Species. https://www.iucnredlist.org/document. Diakses pada 19 Mei 2023

Kamal, K. (2023). Perilaku Harian Gajah Sumateranus (Elephas Maximus Sumateranus) Di Conservation Responense Unit (CRU) Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Ethologi (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Mangesti, F. F. (2019). REVITALISASI KAWASAN WISATA TLOGO PUTRI KALIURANG DENGAN PENDEKATAN KONTEKS LOKAL BERBASIS MITIGASI BENCANA. In SMART: Seminar on Architecture Research and Technology (Vol. 4, No. 2, pp. 398-407).

Meiridho, R., Dwi, F., & Arini, S. S. (2018, August). Peluang besar industri pariwisata di Lampung. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 181-193).

Nurjannah, S., & Sharif, O. O. (2022). Analisis Kepuasan Pengunjung Taman Nasional Way Kambas Berdasarkan Kualitas Layanan (Servqual). eProceedings of Management, 9(2).

Santoso, P. R., & Hartanti, N. B. (2023). IDENTIFIKASI FASAD BANGUNAN PASAR WISATA DI MALANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL. Jurnal Rekayasa Lingkungan Terbangun Berkelanjutan, 1(2), 231-236.

Widiarti, T. FAKTOR PENYEBAB HARIMAU SUMATERA DI TAMAN NASIONAL BERBAK SEMBILANG YANG TERANCAM PUNAH DAN UPAYA PEMERITAH UNTUK MENGATASINYA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.