PENERAPAN PRINSIP URBAN FARMING PADA PERANCANGAN PUSAT PERBELANJAAN MODERN DI SUKOHARJO

Adelia Tiara Hapsari, Maya Andria Nirawati

Abstract


Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Indonesia yang sedang mengalami kemajuan dalam berbagai sektor pembangunan. Namun, terlihat bahwa pembangunan belum merata dan masih terfokus pada daerah tertentu saja. Selain itu, kurangnya potensi pariwisata membuat Sukoharjo kurang dikenal oleh masyarakat luar. Dengan mengembangkan potensi pertanian bertujuan meningkatkan citra Sukoharjo sebagai sebuah potensi wisata yang menjadi daya tarik penduduk lokal maupun wisatawan. Urban farming menjadi sebuah prinsip yang diterapkan dalam bangunan pusat perbelanjaan modern untuk menciptakan branding Sukoharjo sebagai kabupaten yang memiliki potensi pertanian yang menonjol. Dalam menghasilkan sebuah rancangan pusat perbelanjaan modern yang sesuai prinsip urban farming, dilakukan penetapan masalah, pencarian dan penetapan data, proses analisis, dan penetapan keputusan desain. Hasil yang didapatkan adalah penerapan konsep zonasi berdasarkan kebutuhan ruang, penerapan pengolahan tapak yang menghasilkan sirkulasi dinamis, penerapan konsep bentuk dan tampilan alami pada bangunan, dan penerapan efisiensi energi pada bangunan yang direkomendasikan untuk perancangan pusat perbelanjaan modern di Sukoharjo.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah. (2020-2022). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Tengah (Jiwa). Jawa Tengah: BPS Provinsi Jawa Tengah.

McPherson, B., & Landman, K. (2011). Urban Agriculture Design Principles for Enhancing Sustainability.

Minta, Suriani, & Meutia. (2022). Pengaruh Pendapatan dan Jumlah Penduduk Terhadap Konsumsi Masyarakat di Provinsi Aceh dengan Regresi Data Panel. JIBES: Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 1-3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.