RANCANGAN TAMPILAN BANGUNAN PUSAT KEBUDAYAAN DI KLATEN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR

Dinda Januarita Maharani, Tri Joko Daryanto

Abstract


Perancangan Pusat Kebudayaan di Klaten dilatarbelakangi oleh banyaknya ragam budaya yang hidup di tengah masyarakat Klaten yang belum memiliki wadah khusus untuk pelaksanaan aktivitasnya terutama sebagai sarana yang dapat membantu pelestarian budaya ke generasi muda. Proses pelestarian dari banyaknya ragam budaya yang ada dapat terganggu apabila tidak difasilitasi dengan tepat. Perancangan sebuah fasilitas yang ditujukan untuk generasi muda tentunya membutuhkan pengolahan arsitektur yang dapat menarik mereka untuk mengunjungi untuk kemudian turut mempraktikkan budaya setempat, salah satunya cara yang dapat dilakukan adalah merancang tampilan bangunan yang tepat. Arsitektur Neo-Vernakular dipilih dengan tujuan menunjukkan elemen lokal dan budaya setempat dengan tetap memasukkan unsur modern dalam rangka menyerukan ide budaya yang berkelanjutan dan tak lekang jaman. Metode penelitian yang digunakan dimulai dengan tahap penetapan masalah desain, pengumpulan data, analisis data, dan diakhiri dengan pengambilan keputusan konsep tampilan bangunan. Melalui proses tersebut, kemudian didapatkan hasil tampilan bangunan Pusat Kebudayaan di Klaten yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yaitu merepresentasikan fungsi pusat kebudayaan serta menerapkan prinsip-prinsip pendekatan Neo-Vernakular pada berbagai unsur tampilan bangunan yaitu zoning, gubahan, bukaan, serta tampilan yang meliputi warna, material, dan ornamentasi bangunan.

Full Text:

PDF

References


Jencks, Charles. (1990). Language of Post-Modern Architecture. New York: Rizzoli. https://archive.org/details/languageofpostmo0000jenc_l6a0/mode/2up.

Marta, Ajeng Auliya. Purwani, Ofita. Hardiyati. (2020). Penerapan Arsitektur Neo-Vernakular Kudus Pada Perancangan Pusat Kebudayaan Kudus Di Kabupaten Kudus Sebagai Fasilitas Wisata Budaya. Jurnal Senthong Vol 3 No 2. https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/view/1196.

Pemerintah Klaten. (2021). Peraturan Daerah Kabupaten Klaten mengenai RTRW daerah. Peraturan Daerah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/198588/perda-kab-klaten-no-10-tahun-2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.