PENERAPAN ARSITEKTUR BIOFILIK PADA PUSAT KEGIATAN MUSIK DI SURAKARTA
Abstract
Industri musik di Indonesia menunjukkan perkembangan positif. Surakarta menjadi salah satu kota yang turut berkontribusi memajukan industri musik di Indonesia, hal ini didukung oleh banyaknya festival musikyang digelar, dan musisi lokal yang produktif merilis karya mereka. Ruang untuk mewadahi aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan musik di Surakarta kurang optimal sehingga diperlukan suatu wadah yang dapat menyatukan, menggugah kreativitas dan memenuhi berbagai kebutuhan pelaku industri musik berupa pusat kegiatan musik. Musik erat kaitannya dengan proses kreatif yang dapat dioptimalkan dengan menghubungkan ruang kreatif dengan lingkungan alam. Prinsip arsitektur biofilik hadir sebagai penyelesaian desain yang menghubungkan antara alam dengan bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan arsitektur biofilik ke dalam proses perencanaan dan perancangan pusat kegiatan musik di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tahapan identifikasi permasalahan, pengumpulan data, analisis data, dan konsep desain. Rangkaian tahapan tersebut menghasilkan penerapan arsitektur biofilik pada konsep desain yang secara spesifik dijelaskan pada Konsep Arsitektur Biofilik pada Tapak, Konsep prospect dan refuge pada Peruangan, Konsep Arsitektur Biofilik pada Bentuk dan Tampilan, Konsepmasstimberstructure pada Struktur Bangunan, Konsep presence of water pada Utilitas bangunan
Kata kunci: Musik, Kegiatan Musik, Arsitektur Biofilik, Kota Surakarta.
Full Text:
PDFReferences
BPD Surakarta. (2023, September 14). e-layanan BPPKAD Surakarta. Retrieved from BPPKAD
Surakarta.https://layanan.bppkad.surakarta.go.id/onlinepajak/?mod=complain⊂=frame
Form&act=view&t yp=html&layout=horizontal&%20width=
Browning, W. (2014). 14 PATTERNS OF BIOPHILIC DESIGN IMPROVING HEALTH & WELL-BEING IN
THE BUILT ENVIRONMENT. New York City: Terrapin Bright Green.
Efendy, A. B. (2022, September 18). STRATEGI KONTEN MEDIA SOSIAL SURAKARSTAGE SEBAGAI
MEDIA PROMOSI. TUGAS AKHIR FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN INSTUTUT SENI
INDONESIA SURAKARTA, 32-40.
Ridwan, P. P. (2023, April 2). GoodStats. Retrieved from goodstats.id:
https://goodstats.id/article/revenue-pasar-streaming-musik-mencuat-naik-spotifypunya- subscribers-terbanyak-qv1Kf
Suwarna, R. (2023, Agustus). Collaborative Governance dalam Menciptakan Branding Kota
SurakartaSebagai Kota Festival. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 161
Tribrata News Surakarta. (2023, September 18). Tribrata News Polresta Surakarta. Retrieved
from tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id:
https://tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id/empat-konser-bersamaan-di-kota-soloratusan-personil-polresta-surakarta-diterjunkan-untuk-mengamankan/
Williams, K. J. (2018). Conceptualising Creativity Benefits of Nature Experience: Attention Restoration
and Mind Wandering as Complementary Processes. Journal of Environmental Psychology,
- 45.
Refbacks
- There are currently no refbacks.