REVITALISASI PASAR TRADISIONAL BULU DI KOTA SEMARANG

Shafira Putri Ramadhanty, Avi Marlina

Abstract


Pasar tradisional perlahan tergeser keberadaannya semenjak adanya pasar modern yang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Pemerintah mulai berusaha untuk membangun kembali pasar tradisional sehingga tidak tertinggal dengan perkembangan pasar modern. Pasar Tradisional Bulu di Kota Semarang menjadi salah satu pasar tradisional yang memiliki potensi untuk dikembangkan tetapi selama ini mengalami penurunan jumlah pengunjung sehingga mengalami kemunduran. Aksesibilitas pengunjung yang sulit, manajemen pengelolaan yang kurang disiplin, dan fasilitas umum yang tidak sesuai standar pasar rakyat menjadi faktor utama terjadinya kemunduran pasar tradisional. Dengan demikian, objek pasar bulu memerlukan revitalisasi. Revitalisasi dilakukan untuk menghidupkan kembali bangunan yang sebelumnya pernah vital tetapi mengalami degradasi. Revitalisasi pasar bulu juga dilakukan dengan berdasar pada SNI Pasar Rakyat Tahun 2021 dan Evaluasi Purna Huni. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan empat tahap, yaitu identifikasi latar belakang dan permasalahan, pengumpulan data, analisis data, dan perumusan konsep desain. Hasil dari penelitian ini berupa penerapan aspek-aspek revitalisasi dan evaluasi purna huni pada konsep tapak, konsep peruangan, konsep bentuk dan tampilan, konsep struktur, dan konsep utilitas.


Full Text:

PDF

References


AP, A. (2022, Juli 29). Jawa Pos radarsemarang.id. Retrieved from Banyak Kios Tutup, Begini Kondisi Terbaru Pasar Bulu Semarang: https://radarsemarang.jawapos.com/Semarang/721398587/banyak-kios-tutup-begini- kondisi-terbaru-pasar-bulu-semarang

Babel, Y. (2023, November 14). halosemarang.id. Retrieved from Dewan Dorong Pemkot Semarang Perbaiki Pasar Tradisional Jadi Lebih Nyaman: https://halosemarang.id/dewan-dorong- pemkot-semarang-perbaiki-pasar-tradisional- jadi-lebih-nyaman

Kirwanto. (2022, Juli 29). Banyak Kios Tutup, Begini Kondisi Terbaru Pasar Bulu Semarang. (A. AP, Interviewer)

Kurnia, A., & Kurwiawan, M. A. (2020). REVITALISASI PASAR PRAWIROTAMAN MENJADI PASAR KREATIF DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL SEBAGAI KONSEP DESAIN. Jurnal Arsitektur Zonasi, 89-96.

Ning. (2023, Oktober 9). Evaluasi Purna Huni Pasar Bulu. (S. P. R., Interviewer)

Pratami, N. I., & Hariyanto. (2020). Daya Layan dan Pola Sebaran Pasar Tradisional Terhadap Tingkat

Kepuasan Pembeli di Pasar Tradisional Kota Semarang. Geo Image 9 (2), 121- 130.

PUPR, P. (2010, Desember 31). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor

/PRT/M/2010 Tahun 2010 tentang Pedoman Revitalisasi Kawasan. Retrieved from DATABASE PERATURAN

BPK:https://peraturan.bpk.go.id/Details/160056/permen-pupr-no- 18prtm2010-tahun-2010.

Soka, P. P. (2023). EFEKTIFITAS KEGIATAN PEMBELI TERHADAP ZONASI DAN SIRKULASI PADA PASAR BULU SEMARANG. Masters Thesis, Universitas Katholik Soegijapranata, 27-75.

Tambunan, T. (2020). Pasar Tradisional dan Peran UMKM. Indonesia: IPB Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.