PERANCANGAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK DI SURAKARTA DENGAN DESAIN ARSITEKTUR MODERN KONTEMPORER

Kathern Joanna, Ahmad Farkhan

Abstract


Perancangan rumah sakit ibu dan anak menjadi imperatif seiring meningkatnya angka kelahiran dan kebutuhan akan pelayanan kesehatan berkualitas. Fasilitas kesehatan yang ada belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan ibu, bayi, dan anak. Keberhasilan perancangan ini krusial untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi. Angka kelahiran dan kematian ibu yang mencemaskan, ditambah ketidaksetaraan akses pelayanan kesehatan, memotivasi perlunya rumah sakit ibu dan anak di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data studi preseden dan studi literature mengenai rumah sakit ibu dan anak, serta studi mengenai lokasi perancangan. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan disintesis untuk memperoleh kriteria desain bentuk,dan tampilan eksterior. Hasil penelitian ini berupa rumah sakit ibu dan anak dengan desain arsitektur modern kontemporer yang meliputi bentuk massa bangunan, tampilan eksterior bangunan, penggunaan materia, vegetasi, serta memperhatikan sirkulasi dalam tapak.

Kata kunci: rumah sakit ibu dan anak, angka kematian ibu dan anak, desain arsitektur kontemporer, perancangan fasilitas kesehatan.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik. (2008). Pedoman Penyelenggaraan Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) 24 Jam di Rumah Sakit.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2012). Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Kelas B.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Rashid, M., Rashid, M. H. O., & Hasan, M. R. (2018). Evaluating the Impact of Interior Design on Human Emotions and Psychological Wellbeing in Healthcare Settings. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Bandung, Indonesia.

Ulrich, R. S., Zimring, C., Zhu, X., DuBose, J., Seo, H., Choi, Y. S., ... & Joseph, A. (2008). A review of the research literature on evidence-based healthcare design. Health Environments Research & Design Journal, 1(3), 61-125.

White, R. D., & Smith, J. A. (2009). Investigating the impact of healthcare architectural design on perceptions of caring, control, and safety. Health Environments Research & Design Journal, 2(3), 80-99.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.