PENERAPAN KONSEP MURAKABI PADA PERPUSTAKAAN DI KABUPATEN BANYUMAS

Eunike Aprilla Kus Setyaningsih, Tri Yuni Iswati, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Tujuan penulisan ini berupa konsep rancangan perpustakaan sebagai wadah berbagai kalangan untuk mengembangkan kualitas diri dan lingkungan sekitarnya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat dan meluas membawa perubahan sosial di dunia. Perubahan ini mengubah bentuk dasar komunikasi dan praktik yang mempengaruhi cara semua individu dan organisasi berinteraksi. Hal tersebut menyediakan tantangan baru bagi pemerintah perihal pelayanan publik. Pemerintah Kabupaten Banyumas menerapkan perencanaan Banyumas Kota Cerdas (Smart City Kabupaten Banyumas) dengan salah satu strateginya, yaitu smart society yang dapat menjawab tantangan pelayanan publik, salah satunya perpustakaan yang keberadaannya menjadi wadah kegiatan dari berbagai kalangan masyarakat. Penerapan rancangan perpustakaan menggunakan konsep murakabi. Kata “Murakabi” berarti bermanfaat bagi semua, penggabungan antara tren perpustakaan di masa depan yang relevan di Indonesia dan standar perpustakaan kabupaten/kota. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data melalui
studi literatur, studi lapangan, studi preseden, analisis dan sintesis. Hasilnya berupa konsep tapak yang merespon hubungan antara tapak dan bangunan, konsep ruang yang mewadahi kegiatan dan fasilitas teknologi, informasi dan komunikasi, konsep bentuk dan tampilan serta konsep struktur dan utilitas yang aman, logis dan ramah lingkungan. Diharapkan penelitian ini menjawab tantangan pelayanan publik bidang pendidikan di tengah perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi agar keberadaannya tetap relevan.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2022). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Pendidik (Negeri dan Swasta) di Jawa Tengah.

BPS Kabupaten Banyumas. (2022). Kabupaten Banyumas Dalam Angka 2022.

Dapodidasmen. (2022). Data Sekolah Prov. Jawa Tengah 2022.

Dr. Jamridafrizal., S. S. (2022). TREN YANG MEMBENTUK MASA DEPAN PERPUSTAKAAN. Retrieved from dpk.bantenprov.go.id: https://dpk.bantenprov.go.id/berita/tren-yangmembentuk-masa-depan-perpustakaan

Dwi Kurniawan, S., Ary Setyawan, A., & Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso, S. (2019). Seminar Nasional Edusainstek PENGUKURAN KESENJANGAN DIGITAL DI BANYUMAS UNTUK MENGETAHUI KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN SMART CITY.

Pemerintah Kabupaten Banyumas. (2021). Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Banyumas Nomor 53 Tahun 2021 tentang Rencana Induk Banyumas Kota Cerdas (Masterplan Smart City Kabupaten Banyumas). peraturan.bpk.go.id.

Pemerintah Kabupaten Banyumas. (2022). Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Banyumas Nomor 32 Tahun 2022 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas Tahun 2023.

Sekar Wardhani, N., Hardiana, A., Srimuda Pitana, T., & Kegiatan, A. (2022). PERPUSTAKAAN ANAK SEBAGAI WAHANA EDUKASI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DI KABUPATEN BOYOLALI. Dalam Januari (Nomor 1).

The New Media Consortium. (2015). Horizon Report > 2015 Library Edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.