PENERAPAN SPORT-TOURISM PADA KONSEP KAWASAN WISATA ALAM DI KABUPATEN BANYUMAS

Haidar Ali Alhakim, Kahar Sunoko, Made Suastika

Abstract


Banyumas adalah sebuah kabupaten yang berada di kaki Gunung Slamet, sehingga menjadikannya memiliki potensi alam yang melimpah. Potensi  tersebut bisa dimanfaatkan pemerintah daerah sebagai daya tarik pariwisata untuk membuka potensi wisata menjadi lebih lebar,   sejalan dengan meningkatnya angka kunjungan wisata di Banyumas usai pandemi. Fokus pemerintah pada wisata olahraga atau Sport-tourism juga sedang menguat pada beberapa tahun terakhir, hal ini membuka kesempatan untuk mengkolaborasikan konsep wisata alam yang berfokus pada kegiatan sport-tourism.  Kondisi diatas menarik untuk dilakukan kajian penerapan sport-tourism pada wisata alam di kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui identifikasi isu dan tujuan, mengumpulkan data, melakukan analisis, serta merumuskan konsep dengan menerapkan delapan prinsip arsitektur organik. Hasil dari penelitian ini berisi pengolahan tapak, penataan ruang dan massa, bentuk dan tampilan bangunan, struktur konstruksi dan material bangunan, serta sistem utilitas yang menerapkan aspek sport-tourism dan penunjang kegiatan wisata di dalamnya.

 

Kata kunci: Alam, wisata, sport-tourism,Banyumas, kolaborasi


Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Banyumas. 2023. Pengunjung Pariwisata, 2020-2022. Banyumas: Badan Pusat Statistik

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah (2018). "Potensi dan Peluang Investasi Sektor Pariwisata"

Gibson, H. (2005) Sport Tourism: Concepts and Theories. An Introduction, Sport in Society, 8:2, 133-141

Gozalova, M., Shchikanov, A., Vernigor, A., & Bagdasarian, V. (2014). Sports tourism. Polish journal of sport and tourism, 21(2), 92-96.

Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 5 Tahun 2018 (2018). “Pemetaan Potensi Daerah Kabupaten Banyumas”

Kompas.com. (2022). Haornas 2022, Ganjar Beri Penghargaan Lima Daerah Destinasi Sport Tourism Unggulan. Diakses pada 30 November 2023. https://regional.kompas.com/read/2022/09/10/ 071637778/haornas-2022-ganjar-beri-penghargaan-lima-daerah-destinasi-sport-tourism


Refbacks

  • There are currently no refbacks.