PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP UNIVERSAL DESAIN UNTUK PENGEMBANGAN FASILITAS SEKOLAH LUAR BIASA ANUGERAH COLOMADU

Nadia Mirza Arviani, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Sekolah Luar Biasa Anugerah di Colomadu berdiri untuk memberikan ruang anak-anak berkebutuhan khusus dan tidak mampu membiayai sekolahnya. Perkembangan Sekolah Luar Biasa Anugerah perlu didukung dengan fasilitas yang memudahkan peserta didik serta guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Namun, Sekolah Luar Biasa Anugerah saat ini masih memiliki fasilitas yang terbatas. Beberapa fasilitas eksisting juga belum sesuai dengan standar sekolah luar biasa yang sudah ditetapkan. Penerapan prinsip-prinsip Universal Desain (UD) dalam pengembangan fasilitas Sekolah Luar Biasa Anugerah merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan inklusif bagi semua siswa yang memiliki kebutuhan khusus. Universal Desain merupakan pendekatan yang mendasarkan desain pada keberagaman manusia, memastikan bahwa lingkungan dan fasilitas dapat diakses, digunakan, dan dinikmati oleh semua individu, tanpa memandang kemampuan atau keterbatasan mereka. Metodologi penelitian dilakukan dengan analisis eksisting dari bangunan Sekolah Luar Biasa Anugerah, analisis kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, dan penerapan prinsip Desain Universal dalam perancangan fisik dan kurikulum sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip Universal Desain dalam pengembangan fasilitas Sekolah Luar Biasa Anugerah dapat meningkatkan aksesibilitas, partisipasi, dan keterlibatan siswa secara signifikan. Fasilitas yang dirancang dengan mempertimbangkan keberagaman kebutuhan siswa memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan akademik dan sosial mereka.

Full Text:

PDF

References


Anjani, A. N., & Gede, P. A. (2021). Evaluasi Penerapan Konsep Universal Design di Stasiun Surabaya Gubeng. Jurnal Teknik ITS, 69-74.

Effendi, G. R., Repi, & Cheris, R. (2019). PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA TUNAGRAHITA DI KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU. Jurnal Arsitektur : Arsitektur Melayu dan Lingkungan , 1-11.

Michael, D. (2020). PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TINGGI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA. Jurnal HAM, 201-217.

Munawaroh, A. S., & Aisyah, S. (2019). Kajuan Ruang Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Bakti Dharma Pertiwi Lampung. Jurnal Idealog, 143-158.

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2020). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 422-427.

Ndaumanu, F. (2020). HAK PENYANDANG DISABILITAS: ANTARA TANGGUNG JAWAB DAN PELAKSANAAN OLEH PEMERINTAH DAERAH. Jurnal HAM, 131-150.

Noviana, M., & Hidayati, Z. (2020). Kajian Implementasi Desain Universal Pada Taman Samarendah. Jurnal Arsitektura, 01-12.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2023 Tentang Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Karanganyar Tahun 2013-2032


Refbacks

  • There are currently no refbacks.