FOREST RESORT HOTEL DI KAWASAN BUKIT GOMBEL SEMARANG

Devinda Annisa Laily, Ana Hardiana

Abstract


Kota Semarang merupakan salah satu kota dengan potensi besar untuk dikembangkan sebagai daerah wisata. Pengembangan potensi wisata ini perlu diimbangi dengan adanya fasilitas penginapan yang memadai. Masih terdapat beberapa daerah di Kota Semarang dengan potensi area wisata yang besar, tetapi belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, salah satunya yaitu di daerah Bukit Gombel, Tinjomoyo. Bukit Gombel merupakan salah satu daerah dengan potensi wisata alam yang menarik di Kota Semarang. Terdapat area bukit yang merupakan area terbengkalai, yaitu pada kawasan Hotel Sky Garden. Kawasan tersebut ditumbuhi pepohonan lebat dan memiliki pemandangan yang bagus dari atas, yaitu berupa pemandangan Kota Semarang hingga pantai utara Jawa Tengah. Dengan potensinya ini, perancangan fasilitas penginapan area Bukit Gombel memiliki peluang yang besar, terutama penginapan yang berbasis ke alam, terlebih di Kota Semarang masih jarang ditemui fasilitas penginapan berbasis alam. Dengan demikian, artikel ini membahas mengenai peluang perancangan Forest Resort Hotel di Bukit Gombel dengan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan prinsipnya yang kemudian diolah menjadi rumusan konsep perencanaan dan perancangan forest resort hotel sehingga sesuai sasaran yang diharapkan. Prinsip-prinsip yang diterapkan ini nantinya akan disesuaikan dengan kriteria desain perancangan yang terdiri dari olah tapak, ruang, massa dan tampilan, serta struktur dan utilitas.


Full Text:

PDF

References


BADAN PUSAT STATISTIK. 2023. KOTA SEMARANG DALAM ANGKA BPS - Statistics of Semarang Municipality. Kota Semarang. (t.t.).

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. 2023. Daya Tarik Wisata. Diambil 4 Desember 2023, dari https://pariwisata.semarangkota.go.id/frontend/web/

Intan, Paramita. 2021. Lama Terbengkalai, Benarkah Mitos Tentang Hotel Sky Garden? Kota Semarang.

Kurniasih, S. (2006). Prinsip Hotel Resort. Skets (Vol. 2). Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.