PENERAPAN ARSITEKTUR BIOFILIK PADA PERANCANGAN WELLNESS CENTER DI JAKARTA

Defa Rachmania, Musyawaroh Musyawaroh

Abstract


Jakarta merupakan kota yang berkembang pesat dan kepadatan kota yang terus meningkat, hal ini menyebabkan jakarta menjadi kota yang sibuk, bising, dan ramai. Kondisi tersebut dapat membuat permasalahan yang baru salah satunya ialah tingginya tingkat stres para penduduk. Faktor yang menyebabkan stres dapat berasal dari lingkungan maupun individu itu sendiri. Wellness center dengan pendekatan arsitektur biofilik dirancang agar dapat mewadahi aktivitas yang dinilai dapat membantu mereduksi tingkat stres yang dialami masyarakat Kota Jakarta. Pendekatan arsitektur biofilik menjadi salah satu strategi desain yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan dengan cara menghubungkan psikologi seseorang dan lingkungan dengan menggunakan alam sebagai media utamanya. Pada penelitian ini metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Dengan tahapan mengidentifikasi isu dan permasalahan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan konsep desain yang dapat berguna sebagai acuan dalam merancang. Hasil penelitian ini berupa penerapan arsitektur biofilik pada perancangan tapak, penataan ruang, tata massa, tampilan bangunan, penggunaan struktur, dan penataan utilitas yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


Balitbang Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Browning, W. D., Ryan, C. O., & Clancy, J. O. (2014). 14 Pattern of Biophilic Design: Improving Health & Well Being In The Built Environment.

Donsu, J. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Halim, D. K. (2008). Psikologi Lingkungan Perkotaan. Jakarta : Sinar Grafika Offset.

International Well Building Institute. (2020). Well V2: The Next Version of The Well Building Standard. https://v2.wellcertified.com/en/wellv2/overview.

Kellert, S., & Calabrese, E. (2015). The Practice of Biophilic Design. www.biophilic-design.com.

Mueller & Kaufmann. (2007). Wellness Tourism: Market analysis of a special health tourism segment and implications for the hotel industry. Research Institute for Leisure and Tourism, University of Berne, Engehaldenstrasse 4, CH-3012 Bern, Switzerland.

Molthrop, E. (2012). Biophilic Design : A Review of Principle and Practice. Dartmouth Undergraduate Journal of Science, 37 - 39.

Setyaningtyas, N., Winarto, Y., & Triratma, B. (2023). Penerapan Arsitektur Biofilik pada Bangunan Creative Hub di Kota Tangerang. SenTHong, 6(2), 410–419.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.