KONSEP ARSITEKTUR BERKELANJUTAN PADA WISATA TERPADU PANTAI BOPONG DI KABUPATEN KEBUMEN

Afina Nudiya Addini, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah merupakan kawasan peruntukan hor8kultura, peternakan khususnya sapi, kawasan budidaya perikanan, dan kawasan peruntukan pariwisata alam. Berdasarkan survei lapangan yang telah dilakukan, ditemukan banyak lokasi potensi wisata yang dapat dikembangkan dan dikelola, terkhusus pada Wisata Alam Pantai Bopong. Namun, ditemukan pada lokasi, ke8dakteraturan organisasi ruang yang dilihat dengan banyaknya warung milik perseorangan warga, fasilitas pengelolaan, dan pembagian area wisata yang 8dak jelas antara area publik, servis, pendukung dan pengelola. Untuk menanggapi masalah ini, dilakukan perancangan dan perencanaan kawasan wisata dengan menggunakan metode kualita8f berupa observasi dan analisis site eksis8ng dari objek Wisata Terpadu Pantai Bopong. Dengan menggunakan pendekatan arsitektur berkelanjutan. Dengan ini diharapkan, pembuatan konsep dapat membangun isu wisata terpadu yang memperha8kan keberlanjutan lingkungan dan alam. Proses pembuatan konsep penerapan se8ap prinsip dengan hasil berupa ; rancangan wisata terpadu dengan menyediakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk mengembangkan sektor perekonomian, penerapan prinsip arsitektur yang berkelanjutan pada bangunan untuk kepen8ngan komunitas di area wisata, dan prinsip pengelolaan energi dan sumberdaya lingkungan yang efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

References


Amin, M. N., Winarto, Y., & Marlina, A. (2019). Penerapan prinsip arsitektur berkelanjutan pada perencanaan kampung pangan lestari di mojosongo, kecamatan jebres, kota surakarta. Senthong, 2(2).

Ardiani, Y Mila. 2015. Sustainable Arsitektur/Arsitektur Berkelanjutan. Jakarta: Erlangga.

Instruksi Presiden, R. I. Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Krea/f. Kategori ke, 15.

Keeler, Marian & Bill Burke. 2009. Fundamentals of Integrated Design for Sustainable Building. New York: Wiley Publisher.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Krea/f, 2022. Tren Industri Pariwisata 2022-2023.

Manurung, P. (2014). Arsitektur Berkelanjutan, Belajar Dari Kearifan Arsitektur Nusantara.

Mclennan, (2004), "The Philosophy of Sustainable Design", Ecotone LLC, Missouri.

Nasional, K.P.P. and Nasional, B.P.P., 2020. Metadata Indikator Edisi II Pilar Pembangunan Lingkungan Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sustainable Development Goals

(TPB/SDGs).

Pitts, Adrian. 2004. Planning and Design Strategies for Sustainability and Profit. Oxford: Elsevier, Architectural Press.

Prayoga, Iwan. 2013. Desain Berkelanjutan (Sustainable Design). E-Jurnal. Jurusan Arsitektur, Universitas Pandanaran.

Sassi, P., (2006), “Strategies for Sustainable Architecture”, Taylor & Francis inc. New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.