YOUTH COMMUNITY CENTER SEBAGAI WADAH PROGRAM GENRE DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DI KABUPATEN KARAWANG

Tegar Teladani, Musyawaroh Musyawaroh

Abstract


Menurut UNICEF, Indonesia berpotensi mewujudkan dividen demografis karena dua pertiga populasi Indonesia berada dalam rentang usia produktif (15-64 tahun). Untuk dapat merespon peluang ini, Indonesia perlu berinvestasi untuk generasi muda, khususnya remaja dalam mencapai potensi mereka secara penuh. Pemerintah Indonesia, BKKBN mengambil respon salah satunya dengan program Generasi Berencana untuk mempersiapkan kehidupan remaja hingga berkeluarga. Program tersebut akan semakin efektif berjalan apabila terdapat fasilitas yang memenuhi segala kebutuhan akan kegiatan yang berlangsung dalam program berkelanjutan ini. Youth community center hadir sebagai solusi atas kebutuhan tersebut. Pelaksanaan program GenRe menentukan sistem kegiatan hingga kawasan yang ada pada Youth Community Center sehingga hal itu membentuk perilaku yang ada pada objek rancang bangun. Oleh karena itu, perlunya pendekatan arsitektur perilaku dalam proses perencanaan dan perancangan. Pendekatan perilaku melihat bahwa aspek-aspek norma, kultur, psikologi masyarakat yang berbeda akan menghasilkan konsep dan wujud yang berbeda (Rapoport, 1977). Dengan demikian, didapatkan hasil perancangan dan perencanaan Youth Community Center yang memiliki integrasi antara program GenRe dan arsitektur perilaku melalui aspek tapak, massa, ruang dan komplementer Kawasan.

Kata kunci: Youth Community Center, Generasi Berencana, Arsitektur Perilaku, Kabupaten Karawang.


Full Text:

PDF

References


"Boys and Girls Club / CCA Centro de Colaboración Arquitectónica" [Club de Niños y Niñas / CCA Centro de Colaboración Arquitectónica] 23 Jul 2020. ArchDaily. Accessed 5 Dec 2023. ISSN 0719-8884

"Youth Center La C@va / Aquidos" [Casal para jóvenes La C@va / Aquidos] 11 Sep 2023. ArchDaily. Accessed 5 Dec 2023. ISSN 0719-8884.

Afifah, I., Yuliarso, H., & Sunoko, K. (2018). PENERAPAN ARSITEKTUR PERILAKU PADA PENGEMBANGAN KHADIJAH BUSINESS SCHOOL PONDOK PRENEUR INDONESIA DI SURAKARTA (Vol. 1, Issue 2).

Aritonang, V. (2017). IMPLEMENTATION OF EDUCATION AND TRAINING GENERASI PROGRAM (GENRE) AT PERWAKILAN BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA (BKKBN) NASIONAL DI PROVINSI RIAU. In JL. HR. Soebrantas Km (Vol. 4, Issue 2).

Azis, H. A. (2021, January 5). STUNTING DAN UPAYA PENCEGAHANNYA. Dinkes Karawang. https://dinkes.karawangkab.go.id/stunting-dan-upaya-pencegahannya.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Direktorat Bina Ketahanan Remaja. (2012). PEDOMAN PENGELOLAAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA DAN MAHASISWA (PIK REMAJA/MAHASISWA).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang. (2022). Kabupaten Karawang dalam Angka Karawang.

Bupati Karawang. (2013). PERATURAN DAERAH KABUPATEN KARAWANG No. 5 Tahun 2013 Tentang Izin Lokasi.

Crismestika, A. (2023, August 13). Inilah Salah Satu Provinsi Dengan Tingkat Putus Sekolah Tertinggi di Indonesia . Kompasiana.

Department of Defense. (2006). UNIFIED FACILITIES CRITERIA (UFC) APPROVED FOR PUBLIC RELEASE; DISTRIBUTION UNLIMITED YOUTH CENTERS. http://dod.wbdg.org/.

Halim, D. (2005). Psikologi Arsitektur Pengantar Kajian Lintas Disiplin (Y.B. Sudarmanto, Ed.).Grasindo.

Haryadi, & B. Setiawan. (2022). Arsitektur Lingkungan dan Perilaku (4th ed.). Gadjah Mada University Press.

Laurens, M. J. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia (Diane Novita, Ed.). Grasindo.

Mion, E. G. (2010). Youth Centers.

Open Data Jabar. (2022). Jumlah Remaja Berdasarkan Desa/Kelurahan di Jawa Barat. Open Data Jabar.

OPENDATA Karawang. (2021, September 5). Jumlah Penduduk Berdasarkan Kelompok Usia Dan Jenis Kelamin Di Kabupaten Karawang. OPENDATA Karawang.

OPENDATA Karawang. (2021, September 5). Organisasi Kemasyarakatan yang Tercatat di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karawang. OPENDATA Karawang.

Pemerintah Daerah Kab. Karawang. (n.d.). Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang RTRW.

Ramdhani, D., & Putro, gloria S. (2021, December 22). Pengangguran di Jabar 2,43 juta Orang, Lulusan SMK Paling Banyak. Kompas.Com.

Redaksi. (2021, November). BKKBN: Angka Perkawinan Usia Dini di Kabupaten Karawang Tinggi -. Pilar Bangsa News. https://pilarbangsanews.com/2021/11/15/bkkbn-angka-perkawinan-usia-dini-di-kabupaten-karawang-tinggi/

Regency in Figures 2022 (BPS Kabupaten Karawang, Ed.). BPS Kabupaten Karawang. https://www.freepik.com

Siti, R., & Pratiwi, M. (2021). REKONSILIASI KELUARGA BERISIKO STUNTING (KRS).

Tandal, A., &Egam, I. P. P. (2011). ARSITEKTUR BERWAWASAN PERILAKU(BEHAVIORISME). Media Matrasain, 8(1).

UNICEF. (2023). Situasi Anak di Indonesia Tahun 2020.Soeratman, D., 2000. Kehidupan Dunia Keraton Surakarta 1830-1939. Yogyakarta: Yayasan Untuk Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.