PENDEKATAN ECOTOURISM PADA DESAIN WATERFRONT RESORT HOTEL DI WADUK ROWO JOMBOR, KLATEN

Dewanta Ega Nugraha, Kahar Sunoko, Made Suastika

Abstract


Abstrak

                  Waduk Rowo Jombor merupakan daerah kawasan wisata yang terletak di Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Potensi wisata alam dan budaya yang dimiliki kawasan Waduk Rowo Jombor sangat baik. Peningkatan jumlah pengunjung wisata juga meningkat secara signifikan. Seiring dengan peningkatan jumlah kunjungan wisata, fokus pengembangan oleh pemerintah daerah Klaten mulai menguat di kawasan Waduk Rowo Jombor. Dilihat dari kondisi diatas maka diperlukan sebuah fasilitas penginapan berupa resort hotel. Melaui penerapan teori waterfront dan ecotourism diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kawasan dan masyarkat setempat, serta menjaga kelestarian lingkungan, alam, dan budaya sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah rumusan konsep perencanaan dan perancangan Waterfront Resort Hotel dengan Pendekatan Ecotourism di Waduk Rowo Jombor, Klaten. Konsep-konsep tersebut  diterapkan dalam pengolahan tapak, penataan ruang dan massa, bentuk dan tampilan bangunan, struktur konstruksi dan material bangunan, serta sistem utilitas.


Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Klaten. 2023. Kabupaten Klaten Dalam Angka, 2023.

Indrayati, A., & Setyaningsih, W. (2016). Karakteristik Air Tanah Di Sekitar Rawa Jombor, Klaten dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Geografi Di Lapangan. Jurnal Geografi Volume 13 No 2, 193-203.

Kiswantoro, A., & Susanto, D. R. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendukung Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Umbul Ponggok Klaten. Jurnal Khasanah Ilmu Vol.10 No.2

Rosiyanti, A. W., & Susilowati, D. (2017). Perkembangan Objek Wisata di Kabupaten Bogor. 8th Industrial Research Workshop and National Seminar, 462–469.

Mahdayani, W., & Riri Rafiani. (2009). Ekowisata Panduan Dasar Pelaksanaan. Nias Selatan: UNESCO Office, Jakarta.

What Is Ecotourism. (n.d.). The International Ecotourism Society. https://ecotourism.org/what-is-ecotourism/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.