PENERAPAN ARSITEKTUR BIOMIMIKRI PADA TAMPILAN RESORT DI KAWASAN PANTAI PARANGTRITIS DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Marwa Kemala Sari, Musyawaroh Musyawaroh, Tri Joko Daryanto

Abstract


Artikel ini mengulas tentang Penerapan Arsitektur Biomimikri pada Tampilan Resort di Kawasan Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta. Arsitektur biomimikri merupakan kombinasi ilmu dan seni merancang bangunan dengan menerapkan prinsip yang terinspirasi dari organisme atau makhluk hidup. Penerapan arsitektur biomimikri diperlukan agar dapat menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, efisien secara energi, dan meningkatkan pengalaman bagi wisatawan. Hal tersebut berkesesuaian karena resort merupakan akomodasi bagi wisatawan yang dilengkapi dengan pelayanan penginapan, kuliner, dan fasilitas hiburan yang terletak di Kawasan Pantai Parangtritis. Tampilan bangunan resort mengaplikasikan konsep arsitektur biomimikri yang terinspirasi oleh cangkang kerang dengan tujuan untuk menciptakan desain bangunan yang menarik, berkelanjutan, serta meminimalisir dampak terhadap lingkungan sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui studi literatur, studi preseden tentang resort dan arsitektur biomimikri, serta studi eksisting tapak perancangan yang kondisinya berkontur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disintesis untuk menghasilkan kriteria desain tampilan berdasarkan prinsip arsitektur biomimikri yang terdiri dari bentuk, struktur dan material, serta keberlanjutan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan konsep arsitektur biomimikri dalam rancangan eksterior bangunan meliputi pola tatanan massa majemuk yang terintegrasi dengan kontur alami dengan orientasi yang memaksimalkan view pantai bagi para penghuninya, bentuk massa yang mengadopsi cangkang kerang, serta tampilan bangunan yang menerapkan struktur dan material alami pada bangunan .


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul. (2021). Direktori Hotel dan Akomodasi Lainnya Kabupaten Bantul 2021. Bantul: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul.

Benyus, J. M. (1997), Biomimicry, Innovation Inspired by Nature, HarperCollins e-books

Damardjati, R. S. (1973). Istilah istilah dunia pariwisata. Pradnya Paramita.

Kabupaten Bantul. (2016). Banyaknya Pengunjung dan Pendapatan Objek .Retrieved from data.bantulkab.go.id:https://data.bantulkab.go.id/gl/dataset/41196579-91bc-4c88-9ecb-dc1 353998923/resource/1bde0a8e-1583-4508-b5c6-702cde203359

Pawlyn, M. (2011). Biomimicry in Architecture. Riba Publishing.

Perda Daerah Istimewa Yogyakarta No.5 tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tsany, M. F., Suastika, M., & Musyawaroh, M. (2022). PENERAPAN ARSITEKTUR BIOMIMESIS PADA RESORT VILLA DI GEDANGSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Senthong, 5(2).

Zari, M. P. (2007). Biomimetic Approaches to Architectural Design for Increased Sustainability. Sustainable Building Conference,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.