PESANTREN RAKYAT DI BIMA HARMONI KERAKYATAN DAN KEINDAHAN ARSITEKTUR ISLAM

Rijalul Safwan Saleh, Musyawaroh Musyawaroh

Abstract



 Kabupaten Bima, sebagai bagian dari wilayah kesultanan dengan transformasi signifikan menuju penerapan hukum Islam, menghadapi tantangan dalam pengembangan sistem pendidikan pesantren. Topografi masyarakat yang bermayoritaskan muslim tidaklah sebanding dengan fasilitas pesantren yang masih minim. Penelitian ini fokus pada konsep Pesantren Rakyat di Desa Rato, Kabupaten Bima, yaitu suatu konsep Pesantren yang inklusif, membuka akses bagi semua lapisan masyarakat yang mengakomodasi kebutuhan dan potensi seluruh masyarakat, dengan tujuan penelitian merinci hubungan antara pesantren rakyat dan arsitektur Islam. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan pengumpulan data primer melalui observasi lapangan, studi literatur, dan kajian praktik pendidikan pesantren. Dengan memahami kompleksitas harmonisasi antara Pesantren Rakyat dan arsitektur Islam, penelitian ini berkontribusi pada keberlanjutan dan pengembangan pendidikan agama bagi masyarakat di Kabupaten Bima. 

Kata kunci: Pesantren Rakyat, Arsitektur Islam, Inklusivitas, Kabupaten Bima. 


Full Text:

PDF

References


Alizanda, M. G., Musyawaroh, & Yuliarso, H. (2021). Penerapan Prinsip Arsitektur Islam Pada Masjid Besar di Kawasan Taman Sriwedari Surakarta. Senthong. Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 4(1), 55-64.

Akbar, H., Antariksa, & Meidiana, C. (2017). Memori Kolektif Kota Bima Dalam Bangunan Kuno Pada Masa Kesultanan Bima: Sebuah Studi sebagai Langkah Awal Pelestarian Sejarah. Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. Indonesian Green Technology Journal, 8-18.

Effendy, M. A. R. (2017). Diskursus Islam dan Karakter Politik Negara di Kesultanan Bima. Universitas Hasanuddin. Jurnal Al-Qalam, 23(2), 184-197.

Hidayat, H. (2013). Teologi Lembaga Pendidikan Islam. IAIN Raden Intan. Ijtimaiyya, 6(2), 116-136.

Mukhlis. (2014). Tren Pertumbuhan Lembaga Pendidikan Pesantren di Bima Tahun 2001-2012. Jurnal Studi Keislaman. Institut Agama Islam Negeri Mataram. 18(1), 89-101.

Putrie, Y. E., & Hosiah, A. (2012). Keindahan dan Ornamentasi dalam Perspektif Arsitektur Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Journal of Islamic Architecture, 2(1), 48-51.

Sativa. (2011). Arsitektur Islam atau Arsitektur Islami?.Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. NALARs, 10(1), 29-38.

Sudirman, Dr., M.A., & Izzuddin, Ahmad, M.H.I. (2017). Pesantren Rakyat dan Mutu Keluarga. Pustaka Radja.

Zuhdi, M. H., Firdaus, M., & Hamdani, L. (2017). Mozaik Islam: Awal Mula Islam di Nusa Tenggara Barat. Sanabil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.