PENERAPAN MIXED USE PADA PERANCANGAN PUSAT BISNIS INDUSTRI KREATIF DI SURAKARTA

Neni Nurul Rosalina, Hari Yuliarso, Amin Sumadyo

Abstract


Industri kreatif merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Agar lebih memaksimalkan daya kreativitas masyarakat, pemerintah Kota Surakarta perlu memberikan ruang yang cukup untuk berkembangnya ide-ide kreatif masyarakat. Adanya pusat bisnis, selain untuk memasarkan produk kreatif, juga dapat menumbuh-kembangkan zona kreatif di Kota Surakarta dengan mewadahi lima sektor, yaitu seni pertunjukan, desain, fesyen, kerajinan, dan kuliner. Penggabungan beberapa fungsi dalam satu bangunan memerlukan strategi desain yang baik sehingga tercipta konfigurasi antarruang yang saling terintegrasi sehingga dapat mengakomodasi aktivitas serta kebutuhan industri kreatif dengan sirkulasi yang efektif di dalam dan luar bangunan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dirancanglah bangunan dengan menerapkan kaidah mixed use. Metode penelitian ini adalah penelitian terapan melalui penggalian ide awal dan pengumpulan data yang kemudian disimpulkan menjadi suatu pedoman dalam analisis perancangan. Dari analisis yang dilakukan, akan didapat hasil penerapan desain mixed use pada bangunan yang compact dan saling terintegrasi sehingga mampu menjadi solusi untuk kebutuhan komersil dan terciptanya ruang publik kreatif di Surakarta.


Full Text:

PDF

References


Ahyani. (2014). Pengembangan Ekonomi Kreatif kota Surakarta 2015-2025. Surakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Coupland, A. (1997). Reclaiming the City: Mixed Use Development. London: Spon.

Pangestu, D. M. (2008). Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Procos, D. (1976). Mixed Land Use From Revival Too Inovation. Pennsylvania: Dowding Hutchinson & Ross Inc.

Schwanke, D. (2003). Mixed-use Development Handbook. Washington DC: Urban Land Institue.

Siegel, S. (2000). Commercial and Mixed Use Development Handbook. Oregon: The Oregon Transportation and Growth Management.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.