PENERAPAN ARSITEKTUR JAWA KONTEMPORER PADA PERANCANGAN TAMAN KESENIAN ANAK DI SURAKARTA

Cittadhi Astridewi Nirmala, Titis Srimuda Pitana, Gunawan Gunawan

Abstract


Taman Kesenian Anak merupakan area lingkungan edukasi, rekreasi dan apresiasi yang mewadahi kegiatan seni. Kegiatan seni dilakukan oleh sekelompok anak atau gabungan dari berbagai kelompok seni sebagai proses pengenalan seni budaya, edukasi kultur, pelatihan rutin, eksplorasi pengembangan kreativitas seni hingga penyelenggaraan apresiasi seni. Di Surakarta, Taman Kesenian Anak berfungsi sebagai wadah berkarya bagi anak-anak yang mendukung program pemerintah mengenai kota layak anak. Dalam perancangan arsitektur, Taman Kesenian Anak memerlukan desain arsitektur dengan nuansa lebih segar dan kekinian menggunakan gaya kombinasi lokal yang dapat diterima oleh anak-anak juga lingkungan sekitar. Menanggapi hal tersebut maka diterapkan prinsip desain Arsitektur Jawa Kontemporer pada perancangan bangunan. Metode penelitian menggunakan penelitian terapan meliputi, metode pengumpulan data, metode analisis dan interpretasi data yang kemudian disimpulkan menjadi pedoman dalam analisis perancangan. Dari analisis yang dilakukan maka diperoleh hasil penerapan konsep arsitektur Jawa kontemporer pada area bangunan yang diwujudkan melalui pemilihan tapak, pengolahan tapak, pengolahan tata massa dan bentuk bangunan.

Full Text:

PDF

References


Aris K. 1993. Gagasan, Bentuk dan Arsitektur : Prinsip-prinsip Perancangan dalam Arsitektur Kontemporer. Bandung: Intermatra.

Haddad, E.G., & David Rifkind. 2014. A Critical History of Contemporary Architecture. England: Ashgate Publishing Limited.

Nirmala, C.A. 2017. "Taman Kesenian Anak di Surakarta dengan pendekatan Arsitektur Jawa Kontemporer". Konsep Tugas Akhir Periode 148. Jurusan Arsitektur. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Prijotomo, J. 1995. Petungan : Sistem Ukuran dalam Arsitektur Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ramdhon, A. 2014. Solo Kota Layak Anak (?). http//kampungnesia.org/berita-solo-kota-layak-anak-.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.