PENERAPAN DESAIN TEMATIK PADA MUSEUM KERETA API DI SURAKARTA

Darumas Rismanu Andang Harjono, Hardiyati Hardiyati, Mohamad Muqoffa

Abstract


Museum Kereta Api di Surakarta menyajikan perkembangan perkeretaapian Indonesia dengan materi koleksi yang mencakup non lokomotif (foto, diorama, miniatur, prasarana, dan atribut) dan lokomotif (lokomotif dan gerbong kereta api). Kereta api di Indonesia mengalami banyak perkembangan mulai dari ukuran, mesin, hingga bentuk fisik. Dengan adanya perkembangan kereta api Indonesia yang kompleks maka Museum Kereta Api di Surakarta memerlukan desain yang mampu menyajikan materi koleksi secara runtut dan lengkap. Penyajian materi koleksi di museum bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai materi koleksi kepada pengunjung. Tersampaikan atau tidaknya informasi materi koleksi kepada pengunjung ditentukan oleh metode penyajiannya. Metode penyajian berfungsi sebagai jembatan untuk memudahkan tersampaikannya informasi materi koleksi kepada pengunjung. Dengan permasalahan tersebut maka akan diterapkan metode penyajian materi koleksi secara tematik dengan tema yang digunakan adalah alur cerita. Alur cerita yang digunakan berupa kesejarahan dan perkembangan mesin lokomotif di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian terapan melalui tahap penggalian ide dan pengumpulan data, yang kemudian disimpulkan menjadi acuan dalam perancangan Museum Kereta Api di Surakarta. Hasil penelitian berupa penerapan desain penyajian materi koleksi secara tematik pada Museum Kereta Api di Surakarta melalui penentuan alur cerita, pemilihan dan pengelompokan materi koleksi, dan sirkulasi pengunjung.


Full Text:

PDF

References


Arbi, Y., & dkk. 2011. Konsep Penyajian Museum. Jakarta: Direktorat Permuseuman Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kemenparekraf.

Daftar Lokomotif di Indonesia. 2017. Diambil dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_lokomotif_di_Indonesia

Kaplan, F. E. 2005. Exhibition As Communicative Media. London: Routledge.

Prayogo, Y. B., Prabowo, Y. S., & Radityo, D. 2017. Kereta Api di Indonesia Sejarah Lokomotif Uap. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero). 2017. Sarana. Retrieved from Heritage Kereta Api Indonesia: http://heritage.kereta-api.co.id/kategori/sarana

Sutaarga, D., & Van Wengen, D. 1986. Pedoman Penalaran Tentang Metode dan Teknik Penyajian Bimbingan Edukatif di Museum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.