PENERAPAN ARSITEKTUR PERILAKU PADA PERANCANGAN AKADEMI SEPAK BOLA DI YOGYAKARTA
Abstract
Fasilitas pembinaan sepak bola usia muda di D. I. Yogyakarta belum memenuhi standar yang ditetapkan
PSSI. Sekolah sepak bola yang ada masih menyewa lapangan untuk latihan, tidak memiliki fasilitas latihan sendiri
seperti ruang ganti, ruang kebugaran, dan ruang kelas. Pelaksanaan kurikulum juga belum sesuai kategori usia
siswa. Selain kurikulum, materi yang diberikan hanya berupa praktik, tidak ada pelatihan teori dan pembentukan
karakter. Akademi sepak bola di Yogyakarta merupakan bangunan pendidikan, untuk mewadahi kegiatan
pembinaan sepak bola usia muda yang memenuhi standar PSSI. Akademi sepak bola ini menerapkan arsitektur
perilaku sebagai pedoman perancangan. Arsitektur perilaku mengkaji pemahaman dasar psikologi dan perilaku
manusia sebagai pelaku kegiatan dan pengguna bangunan, terutama siswa akademi dari berbagai kategori usia.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan dan pengolahan data tentang kriteria perancangan
arsitektur perilaku, untuk diterapkan dalam desain. Kriteria yang diperoleh dari kajian teori arsitektur perilaku
disimpulkan menjadi suatu pedoman perancangan. Analisis yang dilakukan menghasilkan penerapan arsitektur
perilaku di empat aspek. Pertama, pengolahan tapakmelalui penentuan zona berdasarkan jenis kegiatan. Kedua,
pengolahan massa dan tampilan bangunan melalui bentuk fasad bangunan. Ketiga, pengolahan ruang luar dan
ruang dalam melalui penentuan layout ruang. Keempat, penggunaan struktur dan utilitas bangunan melalui
pemilihan material untuk mendukung pencahayaan dan fasad bangunan
Full Text:
PDFReferences
Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Grasindo.
Peta Rencana Pola Ruang DIY. (2017, April 12). Retrieved from Bappeda Daerah Istimewa Yogyakarta:
bappeda.jogjaprov.go.id
Scheunemann, T. (2012). KURIKULUM SEPAK BOLA INDONESIA Untuk Usia Dini (U5-U12), Usia Muda
(U13-U20) & Senior. Jakarta: PSSI.
Snyder, J. C. (1989). Pengantar Arsitektur. Jakarta: Erlangga.
Weinstein, C. S. (1987). Space for Children: The Built Environment and Child Development. USA: Plenum
Press. USA: Penum Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.