SINERGITAS DESAIN PERPUSTAKAAN UMUM DAN TAMAN PINTAR DI SURAKARTA

Astri Dezza Priyanti, Suparno Suparno, Sumaryoto Sumaryoto

Abstract


Perpustakaan Umum merupakan suatu wadah yang berfungsi secara edukatif, informatif, kultural, dan rekreatif yang berisi sumber teoritik. Perpustakaan disinergikan dengan bangunan taman pintar agar menjadi suatu bangunan yang aktif, ekspresif, menyenangkan, dan nyaman. Sinergitas pada perencanaan perpustakaan umum dan taman pintar meliputi aktivitas pengguna dan fungsi peruangan. Aspek terkait desain perpustakaan umum dan taman pintar berupa fungsi pola tata ruang dan psikologi pengguna. Kedua aspek mempengaruhi aktivitas di dalam ruang dan dampak suasana ruang terhadap pengguna yang  dapat memberi cara pandang berbeda untuk bangunan perpustakaan dalam kehidupan modern. Penelitian didasarkan studi sinergitas fungsi dan aspek psikologi pengguna. Dari beberapa sumber disusun kemudian disintesis dan dianalisis. Hasil dari sintesis dan analisis berupa rancang bangun perpustakaan umum dan taman pintar yang diaplikasikan melalui pemilihan lokasi, pengolahan site, bentuk dan tatanan massa, tampilan bangunan, material, dan aspek lain yang mendukung optimalisasi fungsi kedua bangunan menjadi satu kesatuan.


Full Text:

PDF

References


Britannica, E. 1960. Encyclopædia Britannica. Cichago: Common Law.

Michael, G. 2016, April 7. Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia. Diambil kembali dari Minat Baca Indonesia ada diurutan ke-60 Dunia: http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia

Ratminto, N. R. 2013. Strategi Pengembangan Objek Wisata Taman Pintar

Yogyakarta. Yogyakarta: Diss. Universitas Gadjah Mada.

Sarwono, W. &. 1995. Psikologi Lingkungan. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Sutarno, N. S. 2006. Persepsi Pengguna tentang Perpustakaan Umum Kota Medan. Medan: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Yusuf, T. 1996. Manajemen Perpustakaan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.