PENERAPAN ARSITEKTUR EKOLOGIS PADA BANGUNAN PENGEMBANGAN AQUAPARK TLATAR DI BOYOLALI

Perlita Fauzia Azzahra, Maya Andria Nirwati, Made Suastika

Abstract


Aquapark Tlatar merupakan bentuk pengembangan potensi alam berupa umbul (mata air) yang terdapat di Tlatar, Boyolali. Aquapark ini memiliki esensi sebagai destinasi wisata berupa kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai jenis wahana permainan air serta didukung oleh fasilitas-fasilitas penunjang seperti restoran, rest area, dan taman budidaya, yang bertujuan untuk mengoptimalkan obyek-obyek yang sudah ada disekitarnya sehingga nantinya dapat meingkatkan angka kunjungan wisata Boyolali. Sebagai upaya pengembangan potensi alam berupa umbul dan obyek-obyek wisata alam yang sudah ada disekitarnya,maka aquapark ini memiliki konsekuensi yaitu harus selaras dengan lingkungan serta meminimalisir terjadinya dampak kerusakan pada potensi alam yang akan dikembangkan. Oleh karena itu strategi desain yang berbasis kelestarian lingkungan sangat penting untuk diterapkan pada bangunan-bangunan aquapark ini. Arsitektur ekologis dipilih sebagai metode penyelesaian yang paling tepat dalam memecahkan masalah tersebut. Arsitektur ekologis merupakan metode perancangan yang menghargai pentingnya keselarasan antara bangunan dengan alam sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian terapan melalui penggalian ide awal dan pengumpulan data, yang kemudian disimpulkan menjadi suatu pedoman dalam analisis perancangan. Dari analisis yang dilakukan maka akan didapat hasil penerapan arsitektur ekologis pada bangunan yang diwujudkan melalui penyesuaian bangunan terhadap lingkungan setempat, efisiensi penggunaan energi bangunan, dan pemilihan material penyusun bangunan.

Full Text:

PDF

References


Frick, H.(1998). Dasar-Dasar Eko-Arsitektur. Yogyakarta: Kanisius.

Hadinoto, K.(1996). Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: UI Press.

Hidayat, S.(1993). Peran Eceng Gondok (Eichornia crassipes (Mart) Solms) dan Kangkug Air (Ipomea aguatica (Poir)) terhadap Peningkatan Kualitas Air Limbah Disertasi: Disertasi. Program Pascasarjana Program KPK UGM Unibraw. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

I Gde. Pitana dan I Ketut Surya Diarta.(2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang-Undang Tata Ruang (2011). Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Boyolali Tahun 2011-2031. Boyolali: Pemerintah Daerah Boyolali.

Widigdo, W.(2008). Pendekatan Ekologis pada Rancangan Arsitektur, sebagai upaya mengurangi Pemanasan Global. UK Petra: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.