DESAIN ARSITEKTUR RAMAH ANAK PADA BANGUNAN PAUD UNTUK MERESPON PERILAKU ANAK USIA DINI

Dania Nurulhuda, Maya Andria Nirawati, Ummul Mustaqimah

Abstract


Penelitian berikut, mengangkat sebuah permasalahan respon desain terhadap perilaku pengguna, yang belum terealisasikan pada sebuah bangunan. Bangunan yang akan menjadi bahan penelitian adalah sebuah bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan pengguna utama, yaitu anak usia dini usia 1-6 tahun. Penelitian berikut, bertujuan untuk mengaplikasikan desain yang ramah terhadap anak pada bangunan PAUD, dengan merespon perilaku anak. Pengaplikasian desain ramah anak, sebelumnya sudah dikaji, dievaluasi, dan ditetapkan oleh lembaga pendidikan internasional UNICEF pada tahun 2005 dan 2006. Hal tersebut yang menjadikan metode penelitian terapan dipilih untuk menerapkan standar desain ramah anak, pada sebuah bangunan PAUD ramah anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan, yang kemudian disimpulkan menjadi sebuah pedoman untuk analisis perancangan bangunan ramah anak. Dari analisis pendekatan konsep tersebut, didapat hasil penerapan desain ramah anak dengan merespon perilaku unik anak yang difokuskan pada penataan area indoor dan area outdoor PAUD Ramah Anak.

Kata kunci: Perilaku anak usia dini, pendidikan anak usia dini, desain ramah anak.


Full Text:

PDF

References


Andrews, D., & Dosman, C. (2014). The Division of Developmental Pediatrics: Snapshots of Developmental Milestones, (August).

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hurlock, E. B. (1995). Perkembangan Anak: Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mahnke, Frank H. (1996). Color, Environment, & Human Response. New York, USA: John Wiley & Sons, Inc.

Nurulhuda, D. (2018). Pusat Kegiatan Anak Sebagai Wadah Pengembangan Kemampuan Motorik di Surakarta dengan Pendekatan Arsitektur Ramah Anak (Vol. Tugas Akhir 2018). (D.Nurulhuda, Ed.) Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia: Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Scott, S. (2010). Architecture For Children. Australia: ACER Press.

Siegel, T. J. (2002). Quality Environments For Children. Washington D.C.: LIIFUND.

Suminah, E. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jakarta: Kemendikbud RI.

UNICEF South Africa. (2006). The Child Friendly School Manual. New York, USA: UNICEF.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.