PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR KONTEMPORER DALAM PERANCANGAN RUANG KREATIF DI SURAKARTA

Adelvin Marscha Augita, Maya Andria Nirawati, Yosafat Winarto

Abstract


Kota Surakarta merupakan kota kreatif dengan kategori kota desain, yang memiliki hasil produk kerajinan seperti furnitur ukir, rotan, ukiran kaca, kulit, keris, dan batik. Kota Surakarta memiliki potensi yang cukup baik dalam bidang industri kreatif, tetapi potensi tersebut tidak didukung dengan adanya fasilitas untuk para pelaku maupun komunitas kreatif. Untuk mendukung potensi tersebut, dibutuhkan sebuah ruang kreatif sebagai wadah untuk menciptakan  dan mengembangkan ide-ide kreatif, sehingga dapat menjadi sebuah produk kreatif. Prinsip arsitektur kontemporer diterapkan guna memecahkan permasalahan dalam perancangan ruang kreatif di Surakarta. Prinsip arsitektur kontemporer memungkinkan tercipta sebuah desain yang variatif, bersifat masakini, fleksibel dan inovatif, serta menampilkan gaya yang lebih baru sehingga dapat merangsang fantasi maupun kreatifitas pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif melalui identifikasi masalah dan eksplorasi, pengumpulan data dan informasi, pendekatan terhadap data-data dan informasi, serta perumusan strategi desain dengan menerapkan tujuh prinsip arsitektur kontemporer. Penerapan tujuh prinsip arsitektur kontemporer diwujudkan pada perencanaan Ruang Kreatif di Surakarta melalui pengolahan tapak, kualitas ruang, bentuk dan tata masa bangunan, tampilan bangunan, serta struktur dan konstruksi bangunan.

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Surakarta. (2013). Profil Ekonomi Kreatif Kota Surakarta. Pemerintah Kota Surakarta.

British Council. (2015). Creative HubKit: Made by Hubs for Emerging Hubs. Retrieved from creativeconomy.britishcouncil.org/media/uploads/files/Creative_HubKit.pdf

Hilberseimer, L. (1964b). Comtemporary Architects 2. Chicago: Paul Theobald and Co.

Lloyd, P. (2009). Creative Space. Retrieved from http://www.catalystranchmeetings.com/ThinkingDocs/Creative-Space-by-Peter-Lloyd.pdf

Schirmbeck, E. (1988). Gagasan, Bentuk dan Arsitektur : Prinsip-Prinsip Perancangan dalam Arsitektur Kontemporer. Bandung: Intermatra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.