PENERAPAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR PADA PERANCANGAN SEKOLAH TINGGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI DKI JAKARTA
Abstract
Industri kreatif di Indonesia semakin berkembang pesat, terutama dalam bidang ilmu desain. Hal ini terbukti dari semakin banyak tenaga kerja desainer yang dicari dari berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Oleh karena itu, perlu disiapkan suatu standar yang dapat menjadi acuan bagi tenaga kerja dalam profesi ini, baik dalam posisinya untuk menentukan jenjang ketenagakerjaan maupun dalam perencanaan pendidikan penunjangnya. Fasilitas pendidikan ilmu Desain Komunikasi Visual masih kurang. Hal ini terlihat dari kurikulum dan jumlah kuota kursi yang tidak dapat menampung jumlah peminat. Sekolah Tinggi yang ideal untuk ilmu bidang Desain Komunikasi Visual dapat memfasilitasi kebutuhan pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas seorang desainer, serta merupakan tempat yang memberikan kebebasan bagi anak muda untuk berkreasi dan meningkatkan kreativitas mereka. Demi mendukung hal tersebut, psikologi arsitektur merupakan strategi desain yang sesuai pada perencanaan dan perancangan sebuah Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual. Metode yang digunakan adalah dengan studi observasi, studi lapangan serta studi literatur terhadap teori-teori yang terkait. Prinsip-prinsip psikologi arsitektur, yaitu bentuk, warna, suara, bau/aroma, material, dan ruang, diterapkan mulai dari skala mikro, seperti elemen interior ruang dan peruangan hingga skala makro, yaitu pengolahan lansekap secara keseluruhan. Penerapan aspek tersebut diharapkan dapat mewujudkan sebuah wadah yang memberikan kenyamanan untuk bebas beraktivitas dan berkreasi.
Full Text:
PDFReferences
D.K. Ching, Francis.2007. Arsitektur:Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: PT. Gelora AksaraPratama Farisza, G. (2018) Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur di
Jakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Halim, Deddy. 2005. PSIKOLOGI ARSITEKTUR Pengantar Kajian Lintas Disiplin.Jakarta: Penerbit Grasindo
Joseph, C. D., & John, C. H. (1987). Time Saver Standards for Building Types 2nd Edition. Singapore: McGraw-Hill Inc.
Nughroho, Eko.2008. Pengenalan teori warna. Yogyakarta : Andi Publisher Nurhayati, Eti.2011. PSIKOLOGI PENDIDIKAN INOVATIF. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Weinschenk, Susan.2011.100 Things Every Designer Needs to Know About People. Amerika: New Riders
http://www.solopos.com/2017/05/13/sbmptn-2017-program-studi-dkv-paling-diminati-pendaftar- di-isi-solo-816489 di akses pada 14 Maret 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.