PUSAT PELAYANAN LANJUT USIA DENGAN PENDEKATAN BIOPHILIC DI KOTA SURAKARTA

Imas Kartika Nurrachma, Widi Suroto, Maya Andria Nirawati

Abstract


Manusia akan mengalami proses degeneratif secara biologis, psikis, dan sosial setelah memasuki tahapan lanjut usia (>60 tahun). Hal ini meningkatkan ketergantungan lanjut usia akan lingkungan pendukung
untuk mempertahankan kesehatan serta lingkungan sosial melalui suatu wadah pelayanan kesehatan dan sosial di luar rumah. Untuk mewadahi komunitas lanjut usia di Kota Surakarta, dibutuhkan pusat pelayanan lanjut usia dengan desain yang mendukung proses penyembuhan dan peningkatan kesehatan. Pendekatan biophilic merupakan pendekatan yang memanfaatkan elemen alam untuk meningkatkan kualitas sebuah ruang, alam dipercaya memiliki unsur restoratif pada manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pendekatan biophilic pada rancang bangunan pusat pelayanan lanjut usia yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan komunitas lansia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Pemahaman pendekatan biophilic didapat dari tinjauan pustaka terkait yang kemudian disimpulkan menjadi suatu pedoman dengan mempertimbangkan karakter lansia sebagai dasar perencanaan dan perancangan bangunan. Pendekatan biophilic diwujudkan pada program ruang, tapak dan massa bangunan.


Full Text:

PDF PDF

References


Browning, W., Ryan, C., & Clancy, J. (2014). 14 Pattern of Biophilic Desicn. New York: Terrapin Bright Green, LLC.

Darmojo, B. (2009). Buku Ajar Geriatri. Jakarta: Balai Penerbit FK UI.

Demartoto, A. (2006). Pelayanan Sosial Non Panti Bagi Lansia : Suatu Kajian Sosiologis. Surakarta: UNS Press.

Jackson, K. M. (1989). Adult Day Care : Enviromental Design Strategies for Persons with Alzheimer's Disease. Texas: Texas Tech University.

Jane, S., & Thoday, P. (1996). Landscape Design for Elderly and Disabled People. Michigan: Garden Art Press.

Maryam, R., Ekasari, M. F., Rosidawati, Jubaedi, A., & Batubara, I. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.