PENERAPAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR PADA PERANCANGAN SEKOLAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SURAKARTA

Dinda Putri Nabilah, Hardiyati Hardiyati, Sumaryoto Sumaryoto

Abstract


Perancangan dalam lingkup desain arsitektur harus sesuai dengan psikologi, sehingga mempunyai peran penting dalam pembentukan psikologi individu. PAUD merupakan sekolah untuk anak usia 2-6 tahun terdiri dari KB, TK, dan TPA. Kebanyakan bangunan yang digunakan hanya apa adanya, ruang yang sangat terbatas dan tidak memperhatikan penataan ruang. Untuk merespon karakteristik anak, PAUD yang direncanakan menerapkan psikologi arsitektur sehingga terciptanya ruang harmonis serta terbentuknya hubungan yang baik antara karakteristik anak dengan lingkungan binaan. Prinsip psikologi arsitektur yaitu mampu berkomunikasi dengan manusia dan lingkungan, mewadahi aktivitas penghuninya dengan nyaman dan menyenangkan, memenuhi nilai estetika, dan memperhatikan kondisi dan perilaku pemakai. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan menjabarkan deskripsi data, teori, dan literatur terkait psikologi arsitektur, dan dianalisis secara kualitatif kemudian didapatkannya tentang karakteristik anak usia dini, hubungan ilmu psikologi dengan ilmu arsitektur, dan unsur psikologi arsitektur dalam pengolahan interior dan eksterior Sekolah PAUD. Dari hasil analisis, maka pendekatan psikologi arsitektur yang diterapkan yaitu bentuk yang dinamis yaitu melengkung, penggunaan warna merah, hijau, kuning, jingg, biru, tekstur yang kasar dan halus, kepribadian bangunan yang terbuka, dan skala yang disesuaikan dengan anak sehingga diharapkan dapat mewujudkan sebuah wadah pendidikan yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna bangunan.

Full Text:

PDF

References


Farisza, G., Suparno, & Kumoro, A. (2019). Penerapan Psikologi Arsitektur pada Perancangan Sekolah

Tinggi Desain Komunikasi Visual di DKI Jakarta. Senthong Vol. 2 No. 1, Januari 2019, 279-288.

Halim, Deddy. (2005). PSIKOLOGI ARSITEKTUR Pengantar Kajian Lintas Disiplin. Jakarta: Penerbit Grasindo.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurulhuda, D., Nirawati, M. A., & Mustaqimah, U. (2019). Desain Arsitektur Ramah Anak pada Bangunan PAUD untuk Merespon Perilaku Anak Usia Dini. Senthong Vol. 2 No.1, Januari 2019, 121-132.

Weinstein, Carol Simon, Thomas G. David. (1987). Spaces for Children: The Built Environment and Child Development. Boston: Plenum Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.