KONSEP SUASANA RUANG PADA AKADEMI SEPAK BOLA DI SALATIGA

Made Kidung Apati, Ofita Purwani, Rachmadi Nugroho

Abstract


Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari di Indonesia. Untuk meningkatkan prestasi sepak bola di Indonesia perlu adanya pembinaan pemain sejak usia muda. Selama ini pembinaan usia muda masih menyewa lapangan untuk berlatih dikarenakan belum memiliki fasilitas lapangan sendiri dan belum terdapat fasilitas pendukung yang dapat membantu pengembangan aspek lain seperti fasilitas kebugaran, sekolah formal, kolam renang, fasilitas kesehatan dan fasilitas lainnya. Akademi sepak bola di Salatiga merupakan lembaga pendidikan yang fokus pada pendidikan dan pelatihan sepak bola dari usia muda. Kunci sukses pemain dalam sepak bola adalah latihan dalam situasi dinamis secara berulang-ulang. Dengan latihan yang intensif dan berkesinambungan terkadang akan menimbulkan rasa bosan, maka perlu adanya stimulan yang mengingatkan pemain akan tujuan dan target saat masuk ke dalam akademi sepak bola. Suasana ruang adalah kondisi lingkungan sekitar yang dapat berfungsi sebagai stimulan yang diterima indra kemudian dipersepsi oleh manusia sebagai suatu objek atau sesuatu yang memiliki makna. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui pengumpulan dan pengolahan data yang disesuaikan aspek pembentuk suasana dan dilakukan survei lokasi untuk merasakan secara langsung suasana pada tapak dan sekitar tapak. Hasil dari analisis yang dilakukan adalah menerapkan teori suasana ruang dari Peter Zumthor ke dalam pengolahan tapak, sirkulasi, peruangan danĀ  tampilan bangunan.

Full Text:

PDF

References


Danurwindo, Putera, G., Sidik, B., & Prahara, J. L. (2017). Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia. Jakarta Selatan: PSSI.

Harsono. (1998). Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.

Kompas. (2017, Februari). Retrieved from Menpora Dorong PSSI Wajiban Setiap Klub Punya Akademi Sepak Bola: https://bola.kompas.com/read/2017/02/06/03355328/menpora.dorong.pssi.wajibkan.setiap.klub.punya.akademi.sepak.bola

Nielsen Sport. (2018). Retrieved from Global Interest In Football: https://nielsensports.com/global-interest-football/

Prabarini, F., Hardiyati, & Nugroho, R. (2018). Penerapan Teori Atmosfer Peter Zumthor Pada Perancangan Galeri Kebudayaan Magelang di Magelang. SENTHONG, Vol. 1, No.2, Juli 2018, 161-170.

Salatiga.go.id. (2018, September 18). Retrieved from Sport Centre Sebagai Stimulus Prestasi Olahraga: http://salatiga.go.id/sport-centre-sebagai-stimulus-prestasi-olahraga/

Susilowati, N. F., Gunawan, & Mustaqimah, U. (2018). Penerapan Arsitektur Perilaku Pada Perancangan Akademi Sepak Bola di Yogyakarta. SENTHONG, Vol. 1, No. 2, Juli 2018, 179-186.

Zumthor, P. (2006). Atmosphere - Architectural Environment and Surrounding Objects. Switzerland: Birkhauser Architecture.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.