PEMBENTUKAN KARAKTER MUSLIM IDEAL DENGAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP ARSITEKTUR PERILAKU PADA ISLAMIC BOARDING SCHOOL DI KABUPATEN SLEMAN

Adnan Zuhdi Nur Rahman, Kahar Sunoko, Leny Pramesti

Abstract


Bangsa Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi. Penyiapan usia produktif dengan peningkatan mutu pendidikan menjadi salah satu kunci agar bonus demografi. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah degradasi moral berupa kenakalan remaja. Kenakalan remaja justru terjadi di lingkungan sekolah. Pendidikan berbasis karakter di sekolah belum optimal dari segi kurikulum dan lingkungan fisik sekolah. Islamic boarding school sebagai alternatif sekolah memiliki lingkungan yang tidak optimal dalam pendidikan karakter. Tujuan dilakukannya penelitian untuk menyusun konsep pembentukan karakter muslim ideal dengan menerapkan prinsip-prinsip arsitektur perilaku pada islamic boarding school di Kabupaten Sleman. Penelitian dilakukan dengan metode diskriptif-kualitatif berupa studi literatur arsitektur perilaku, studi tetang islamic boarding school, dan studi literatur karakter anak usia remaja. Data yang diperoleh berupa data non-fisik, seperti prinsip-prinsip arsitektur perilaku, kurikulum pembentukan karakter muslim, dan karakter anak usia remaja, serta data fisik mengenai kondisi tapak. Data yang diperoleh kemudian menjadi bahan untuk menganalisis perencanaan dan perancangan. Hasil dari penelitian ini adalah konsep perancangan islamic boarding school di Kabupaten Sleman dengan pendekatan arsitektur perilaku yang diterapkan pada peruangan, tampilan bangunan, dan sirkulasi tapak.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Thohir. 2017. Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan Dan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Haning Romdiati. 2016. Bencana Demografi Jadi Ancaman. http://lipi.go.id/lipimedia/bencanademografi-jadi-ancaman/15270. Diakses 15 Juni 2019.

Haryadi dan B. Setiawan. 1995. Arsitektur Lingkungan dan Perilaku: Suatu Pengantar ke Teori, Metode dan Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Isa, Muhammad Husain dan Ali Mansur. 2016. Syarah 10 Muwashafat. Surakarta: PT Era. Adicitra Intermedia.

Weinstein, Carol Simon dan David, Thomas G. 1987. Space for Children: The Built Environment and Child Development. USA: Plenum Press.

Widati, Titiani. 2015. Pengaruh Setting Ruang Kelas Terhadap Partisipasi Siswa. Palangka Raya: Jurnal Perspektif Arsitektur Universitas Palangka Raya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.