PENERAPAN KARAKTER MILLENNIAL PADA KONSEP PERANCANGAN APARTEMEN MAHASISWA DI PURWOKERTO

M Jahdu Alfithor, Hardiyati Hardiyati, Sumaryoto Sumaryoto

Abstract


Peningkatan jumlah mahasiswa di Purwokerto menimbulkan peningkatan kebutuhan jumlah hunian mahasiswa. Hunian mahasiswa yang ideal memiliki fasilitas-fasilitas pendukung yang menunjang kegiatan belajar dan kebutuhan hidup mahasiwa sesuai dengan konteks zaman. Mahasiswa yang sedang menjalani proses belajar pada saat ini adalah mahasiswa Generasi Millennial dan Generasi Z, yang memiliki perbedaan karakter dengan dengan generasi sebelumnya sehingga memiliki gaya hidup dan kebutuhan yang berbeda akan sebuah hunian. Keberadaan hunian mahasiswa di Purwokerto belum cukup memenuhi kebutuhan hidup mahasiswa generasi sekarang. Mahasiswa membutuhkan hunian yang dapat memfasilitasi kehidupan mereka ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan karakter Generasi Millennial dan Generasi Z ke dalam konsep perencanaan hunian Apartemen Mahasiswa. Prinsip karakter tersebut adalah Connected, Creative, Efficient, Millennial Atmospheric, dan Sharing. Metode yang digunakan adalah studi observasi ke mahasiswa, studi lapangan, preseden, serta studi literatur terhadap teori-teori terkait.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan prinsip connected, efficient, dan millennial atmospheric pada  konsep desain makro pengolahan site. Prinsip connected, creative, efficient, millennial atmospheric, dan sharing diterapkan pada konsep mikro pada desain interior unit apartemen dan fasilitas co-working space. Penerapan prinsip-prinsip tersebut pada perancangan diharapkan mampu untuk menjawab kebutuhan Generasi Millennial dan Generasi Z pada Apartemen Mahasiswa di Purwokerto.

Kata kunci; millennial, generasi z, apartemen mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


DeChiara, J., Panero, J., & Zelnik, M. (2001). Time-Saver Standards for Interior Design and Space Planning, Second Edition. McGraw Hill Professional.

Kemenristekdikti, P. (2017). Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2017. Jakarta: Pusdatin Iptek Dikti, Setjen, Kemenristekdikti.

Leforestier, A. (2009). The co-working space concept. CINE Term project.

Neufert, E., Jones, V., & Thackara, J. (1980). Architects’ data. Granada.

Purwandi, H. A. & L. (2017). Millennial Nusantara. Gramedia Pustaka Utama.

Reed, B. (2007). Co-working: The ultimate in teleworking flexibility. Network World, 23.

Stillman, D., & Stillman, J. (2017). Gen Z Work: How the Next Generation Is Transforming the Workplace. HarperCollins.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.