PRINSIP AKSESIBILITAS ARSITEKTUR PADA PUSAT PELATIHAN OLAHRAGA DISABILITAS INDONESIA DI SURAKARTA

Chika Novinda, Untung Joko Cahyono, Samsudi Samsudi

Abstract


Pengembangan potensi penyandang disabilitas, khususnya di bidang olahraga, merupakan salah satu program pemerintah pasca diselenggarakannya kompetisi olehraga disabilitas Asian Para Games 2018. Pusat Pelatihan Olahraga Disabilitas Indonesia merupakan sebuah fasilitas pelatihan dan pengembangan olahraga prestasi bagi atlet penyandang disabilitas tersebut. Fasilitas ini akan menjadi pusat pelatihan bagi para atlet disabilitas yang berasal dari seluruh Indonesia. Sebagai sebuah fasilitas olahraga bagi penyandang disabilitas, objek rancang bangun memiliki permasalahan utama aksesibilitas yaitu kemudahan, kegunaan, keselamatan, dan kemandirian pada seluruh fasilitasnya. Prinsip aksesibilitas arsitektur menjadi sebuah jembatan dalam merespon kebutuhan penyandang disabilitas yang beragam tanpa diskriminasi dalam sistem pelatihan olahraga prestasi yang setara dan berkualitas. Penyelesaian permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan desain pada Pusat Pelatihan Olahraga Disabilitas Indonesia di Surakarta dengan konsep pendekatan yang memperhatikan prinsip-prinsip aksesibilitas arsitektur. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui prinsip aksesibilitas dalam arsitektur yang diterapkan pada bangunan Pusat Pelatihan Olahraga Disabilitas Indonesia sehingga mampu mengakomodasi ragam kegiatan penggunanya secara efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan meliputi perumusan masalah, pengumpulan data, analisis, dan sintesis. Hasil analisis yang didapat pada objek rancang bangun berupa rancangan desain Pusat Pelatihan Olahraga Disabilitas Indonesia yang menerapakan prinsip aksesibilitas arsitektur pada tapak, massa bangunan, peruangan, dan tampilan bangunan.

 

Kata kunci: olahraga, penyandang disabilitas, aksesibilitas arsitektur


Full Text:

PDF

References


Ching, Francis D.K dkk. 2016. Building Code Illustrated: A Guide to Understanding The 2015 International Building Code – Fifth Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

De Chiara, Joseph & Callender, John. 1987. Time-Saver Standards for Building Types – Second Edition. Singapore: McGraw-Hill

Hawkins, G., Jenkins, J., Watson, L., Foster, V., Ward, M., Keeler, D. (2008). Designing for Disabled Children and Children with Special Educational Needs: Guidance for Mainstream and Special Schools (Vol. 102). Norwich: TSO information and publishing solutions.

Kartika, S.G., Mustaqimah, U., Hardiyati. (2018). Penerapan Desain Inklusif pada Perancangan Sanggar PAUD Inklusif di Yogyakarta. Surakarta.

Neufert, Ernst. 2002. Data Arsitek – Edisi 33 Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No.14/PRT/M/2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung.

Salaswari, Rr. U., Suroto, W., Nirawati, M.A. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Hijau pada Pusat Pelatihan Olahraga Penyandang Disabilitas di Surakarta. Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.