PENERAPAN ARSITEKTUR METAFORA PADA PERANCANGAN OCEANARIUM DI KABUPATEN LAMONGAN

Mohammad Faskal Restu Humaria, Tri Yuni Iswati, Bambang Triratma

Abstract


Oceanarium merupakan sebuah bangunan yang mewadahi kegiatan rekreasi, edukasi, dan pelestarian biota laut. Oceanarium bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keanekaragaman biota laut di Indonesia yang dikemas secara rekreatif. Lokasi perancangan oceanarium berada di Kabupaten Lamongan, tepatnya berada di kawasan Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang merupakan lokasi strategis untuk perancangan oceanarium ini karena lokasinya yang dekat dengan laut dan merupakan zona wisata utama di Lamongan. Sebagai bangunan eduwisata dan berlokasi di zona wisata, oceanarium ini membutuhkan desain tampilan yang menarik dan dapat menyampaikan informasi terkait fungsi bangunan kepada pengamat melalui visualnya, sehingga dipilihlah arsitektur metafora sebagai strategi desainnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif melalui tahap penentuan gagasan awal, eksplorasi, analisis data, dan perumusan konsep desain dengan menerapkan strategi desain dalam perancangannya. Penerapan prinsip arsitektur metafora diwujudkan dengan menerapkan bentuk gelombang air, hiu, dan cangkang kerang atau siput laut pada pengolahan bentuk visual massa bangunan, dan serakan cangkang yang tersapu ombak di tepi pantai pada tata massa bangunan di atas tapak. Penerapan ini menghasilkan visual bangunan bertemakan bahari yang mencerminkan isi dari bangunan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Antoniades, A. C. (1990). Poetics of Architecture: Theory of Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan. (2015). Petunjuk Teknis Pemetaan Sebaran Jenis Agen Hayati yang Dilindungi, Dilarang dan Invasif di Indonesia. Jakarta: Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Jencks, C. (1977). The Language of Postmodern Architecture. New York: Rizzoli.

Karatani, K. (1995). Architecture as Metaphor: Language, Number, Money. Cambridge Mass: MIT Press.

Karydis, M. (2011, March 11). Global NEST Journal. Organizing a Public Aquarium: Objectives, Design, Operation and Missions. A Review, 13(4), 369-384.

Kompas. (2010, December 24). Ancol Dipadati Pengunjung. Retrieved from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2010/12/24/16241060/ancol.dipadati.pengunjung

Radar Bojonegoro. (2008, December 24). Taman Impian Jaya Ancol terpikat WBL Jajaki Kerjasama Pembuatan Sea World. Retrieved from Skyscraper City: https://www.skyscrapercity.com/threads/surabaya-projects-development.107188/post-29805954


Refbacks

  • There are currently no refbacks.