KONSEP TRANSPORT HUB DI TANJUNG BARAT, JAKARTA SELATAN

Elsya Rizkia, Amin Sumadyo, Yosafat Winarto

Abstract


DKI Jakarta akrab dikenal sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia. Walaupun tidak lagi menjadi ibukota negara, kota ini akan tetap menjadi kota prioritas pembangunan. Maka dari itu, mobilitas penduduk di kota ini tidak pernah mati. Demi menunjang tuntutan mobilitas yang tinggi, penduduk lebih banyak yang mengutamakan penggunaan kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Hal tersebut mengakibatkan tingkat kemacetan yang tinggi di kota ini. Kerugian yang disebabkan dari kemacetan lalu lintas Jakarta jelas berdampak pada peningkatan waktu tempuh, biaya transportasi, serta penurunan tingkat produktivitas kerja. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah merencanakan perencanaan fasilitas kendaraan umum yang dikembangkan di beberapa titik di Jakarta. Salah satu titik perencanaan tersebut terdapat di Kawasan Stasiun Tanjung Barat. Dengan melihat potensi yang ada, tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan konsep perencanaan dan perancangan transport hub yang mampu mempermudah mobilitas. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang berdasarkan pada data yaitu melalui tahap identifikasi masalah, menginput teori dan literasi serta pencarian preseden yang sesuai, selanjutnya analisis data, serta menghasilkan konsep perencanaan dan perancangan. Hasil dari penelitian ini berupa implementasi konsep transport hub yang mengacu pada ketentuan setempat, ramah lingkungan dan hemat energi, dan menjawab kebutuhan tempat transit di Jakarta yang bergeser ke arah gaya hidup commute dan commune.

Full Text:

PDF

References


Aprialzy, Ramzy, Amin Sumadyo, Yosafat Winarto. 2020. Konsep Desain Eco-Transit Oriented Development pada Terminal Terpadu Senen di Jakarta Pusat. Surakarta: Jurnal Senthong Volume 3 Nomor 2.

Brownell, B. 2012. Material Strategies - Innovative Applications in Architecture. New York: Princeton Architectural Press.

ITDP. 2017. TOD Standard v3.0. New York: Institute for Transportation Development Policy.

Jacobs, J. 1961. The Death and Life of Great American Cities. New York: Random House Inc.

Maulana Caesar, Angga, Sumaryoto, Kahar Sunoko. 2014. Stasiun Dukuh Atas Jakarta Sebagai Stasiun Integrasi Antar Moda Transportasi Massal dengan Pendekatan Sistem Wayfinding. Surakarta: Jurnal Arsitektura Volume 12 Nomor 1.

Miranda, A. M. 2011. Kerugian Ekonomi Akibat Kemacetan Lalu Lintas di Ibukota. Tugas Karya Akhir.

Ogra, Aurobindo, Robert Ndebele, 2014. The Role of 6Ds: Density, Diversity, Design, Destination, Distance, and Demand Management in Transit Oriented Development (TOD), Paper, NeoInternational Conference on Habitable Environments (NICHE), LSAD (LPU) and IIA (Chandigarh-Punjab Chapter), 2014

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (2012). Lampiran I Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 1. Jakarta: Pemprov DKI Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (2014). Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kota Jakarta Selatan. Jakarta: Pemprov DKI Jakarta.

Priambodo, Cahyo. 2019. Konsep Perencanaan dan Perancangan Hunian Vertikal dan Community Mall dengan Konsep Co-Living di Kota Tangerang. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ulinata. 2018. Perencanaan Desain Transport Hub pada Kawasan Berorientasi Transit Studi Kasus: TOD Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Jakarta: Jurnal SCALE Volume 6 Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.