PENERAPAN KONSEP EDUWISATA SEBAGAI ASPEK PERANCANGAN AGROWISATA FLORIKULTURA DESA CIHIDEUNG

Nadia Ningtyas Pradiana, Wiwik Setyaningsih, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Kebutuhan akan pengadaan jalur pendidikan nonformal berupa objek wisata edukasi mengenai florikultura dan arahan peruntukan lahan kecamatan Parongpong menjadi fungsi pariwisata melatarbelakangi
perencanaan dan perancangan Pengembangan Agrowisata Florikultura di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong. Agrowisata Florikultura Desa Cihideung menawarkan pengalaman rangkaian kegiatan pertanian yang dikemas secara menyenangkan dengan pemandangan alam berupa kebun dan pegunungan yang dapat menstimulasi ketertarikan pengunjung terhadap dunia pertanian dan meningkatkan daya sensitifitas pengunjung terhadap lingkungan alam, lanskap dan flora.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aspek yang diperhatikan dalam pengembangan Agrowisata yaitu implementasi konsep eduwisata, pemilihan jenis tanaman yang dibudidayakan, penerapan teknik dan teknologi terbaru dalam pembudidayaan florikultura serta kondisi sosial budaya dan lingkungan alam sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mengkomparasi dan mensintesa data primer dengan kajian teori literatur mengenai penerapan eduwisata pada agrowisata sehingga menghasilkan konsep perencanaan dan perancangan. Hasil penelitian adalah konsep peruangan, gubahan massa, sirkulasi, struktur, utilitas dan lanskap. Kegiatan wisata edukasi aktif dan pasif pada
agrowisata didukung oleh tour pabrik, museum, perpustakaan, greenhouse dan laboratorium. Kegiatan rekreasi didukung oleh parade bunga dan seni, bus tour, display taman dan kebun budidaya florikultura. Fasilitas penunjang sektor ekonomi yaitu retail dan garden shop sebagai wadah jual beli produk olahan florikultura dan cinderamata.


Full Text:

PDF

References


Bappenas. (2005). Visi dan Arah Pembangunan Jangka Panjang (PJP) tahun 2005-2025. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 142. Retrieved from https://www.bappenas.go.id/files/1814/2057/0437/RPJP_2005-2025.pdf

Islamiah, K., Anwar, R., & Damayanti, V. (2020). RENCANA LANSKAP WISATA EDUKASI KEBUN ANGGREK DI TAMAN KYAI LANGGENG KOTA MAGELANG. LANGKAU BETANG: JURNAL ARSITEKTUR, 7(1), 85-99. doi:http://dx.doi.org/10.26418/lantang.v7i1.35002

Kondisi Geografis. (n.d.). Retrieved April 23, 2020, from https://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1361

Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Barat tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2007-2025, Pub. L. No. 3, 255 (2009). Indonesia.

Romala, F. M. T., Musyawaroh, M., & Nugroho, P. S. (2020). PENERAPAN KONSEP EDUWISATA PADA PUSAT PENGOLAHAN SAMPAH PUTRI CEMPO. Senthong, 3(2).

Statistika Provinsi Jawa Barat, B. P. (2020a). Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Jawa Barat.

Statistika Kabupaten Bandung Barat, B. P. (2019a). Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat.

Statistika Kabupaten Bandung Barat, B. P. (2020). Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat.

Utami, N. A., Setyaningsih, W., & Winarto, Y. (2020, Januari). Penerapan Arsitektur Ekologis pada Perencanaan Agrowisata Kopi di Desa Serang, Purbalingga. Senthong, 3(1), 136-145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.