EVALUASI DESAIN PERMAINAN OUTDOOR DI TK PUTRA PERTIWI DENGAN METODE BESAFE

Pratiwi Anjar Sari, Titis Srimuda Pitana, Anita Dianingrum, Maya Andria Nirawati, Mohammad Muqoffa

Abstract


Abstrak

Tk Putra Pertiwi merupakan salah satu sekolah yang memfasilitasi pendidikan untuk anak usia 5-6 tahun (Pra Sekolah). Tk Putra Pertiwi memiliki beberapa fasilitas bermain outdoor seperti ayunan, jungkitan, bola dunia, jembatan titian, jembatan lingkar, dan beberapa permainan outdoor lainnya. Fasilitas permainan outdoor yang disediakan harus memiliki tingkat keamanan dan tidak memberikan dampak yang berbahaya bagi anak-anak. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain permainan outdoor di Tk Putra Pertiwi. Pengabdian ini dilakukan dengan metode besafe. Metode ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap lingkungan taman bermain dan fasilitas permainan outdoor yang tersedia. Setelah itu dilakukan analisis pengguna, perilaku, ergonomi, faktor-faktor kritis organisasi, kegagalan laten dalam sistem, action plan, dan perancangan perbaikan fasilitas bermain outdoor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, focus group discussion, kuesioner, dan wawancara.

Evaluasi desain permainan outdoor di Tk Putra Pertiwi ini diharapkan mampu menghasilkan desain permainan outdoor yang aman dan nyaman untuk digunakan oleh anak-anak pada usia 5-6 tahun.

 

Kata kunci: Desain Permainan Outdoor, Kelompok Bermain, Metode Besafe


Full Text:

PDF

References


Baskara, M., 2011, Prinsip Pengendalian Perancangan Taman Bermain Anak di Ruang Publik, Jurnal Laskap Indonesia, Vol. 3 No. 1 hh.5-7.

Benedyk & Minister, 1995, Evaluation Of Product Safety Using The Besafe Method, In Stanton. N, University College London.

Grandjean, E., 1982, Fitting The Task To The Man an Ergonomic Approach, Taylor & Francis, London.

Herawati, L., & Pawitra, T.A., Evaluasi Pada Antropometri Anak-Anak Usia 4-6 Tahun di Jawa Timur Dan Aplikasi Pada Perancangan Fasilitas Belajar Di Sekolah, Jurnal Ilmiah Teknik Indutri, Vol.12, No. 2 hh. 144-146.

Nurmianto, E., 2004, Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya, 2nd edn, Guna Widya, Surabaya.

Schwebel, C., 2006, Safety On The Playground: Mechanisms Through Which Adult Supervision Might Prevent Child Playground Injury, Journal of Clinical Psychology in Medical Setting, Vol. 13, No. 2, hh. 143-146.

Taylor, & Francis, 2003, Human Factors In Consumer Products, In Stanton N, University of Southampton.

Whitten, J.L., Bentley, L.D., Dittman, K.C., 2004, Metode Desain dan Analisis Sistem, Terjemahan oleh Tim Penerjemah ANDI, Yogyakarta.

Wignjosoebroto, S., 2008, Ergonomi Studi Gerak Dan Waktu, Guna Widya, Surabaya.

Nofrizal & Zul Infi., Perancangan Alat Belajar Dan Bermain Yang Ergonomis Di Taman KanakKanak Islam Permata Selat Panjang, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 10, No. 1, Juni 2011.

Sundjaya, H.S., Sitania, D.S., & Fathimahhayati, L.N., 2016, Usulan Perbaikan Fasilitas Bermain Outdoor Anak-Anak Dengan Metode Besafe (Studi Kasus : TK. Islam Silmi Samarinda), Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada 2016, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.