PENERAPAN ARSITEKTUR NUSANTARA PADA RESOR DAN WISATA AIR DI WADUK SERMO, KULON PROGO

Yarol Insana Niwa, Agus Heru Purnomo, Maya Andria Nirawati

Abstract


Abstrak

Resor dan wisata air di Waduk Sermo merupakan fasilitas akomodasi dan rekreasi sebagai respon dari perkembangan sektor pariwisata di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya, khususnya di Kabupaten Kulon Progo. Peningkatan pariwisata di Kabupaten Kulom Progo tidak tidak diimbangi dengan penyediaan fasilitas akomodasi seperti hotel atau resor bagi wisatawan yang ingin menginap. Perancangan hotel dan wisata air di Waduk Sermo diharapkan dapat menonjolkan arsitektur nusantara, sehingga dapat memperlihatkan identitas budaya di Indonesia. Waduk Sermo teletetak di Propinsi D.I.Yogyakarta dimana dikenal sebagai kota budaya yang memiliki arsitektur lokalnya sendiri yakni arsitektur Jawa. Dengan demikian,  perancangan resor dan wisata air di Waduk Sermo akan menggunakan prinsip arsitektur nusantara dimana akan memadukan arsitektur Jawa sebagai arsitektur lokal dengan arsitektur modern sehingga menghasilkan desain yang mengkini namun masih mampu menghadirkan budaya lokal dalam bangunan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dengan identifikasi masalah dan eksplorasi, pengumpulan data, dan analisis dan sintesis dimana hasilnya digunakan sebagai konsep desain dalam perancangan resor dan wisata air di Waduk Sermo. Penerapan arsitektur nusantara dilakukan dengan implementasi bentuk, penggunaan dekorasi, penggunan ornamen, maupun penggunaan meterial.

 

 

Kata kunci: resor, wisata air, Waduk Sermo, arsitektur nusantara, arsitektur Jawa


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2016). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Udara Daerah Istimewa Yogyakarta Maret 2019 rogo dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi DIY.

Bakhtiar, Waani, J. O., & Rengkung, J. (2014). Tipe Teori Pada Arsitektur Nusantara Menurut Josef Prijotomo. 11(2), 32–47.

Christiyaningsih. (2019). Pemkab Kulon Progo Kembangkan Wisata Berbasis Budaya Lokal. Republika.

Dakung, S. (1982). Arsitektur Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewah Yogyakarta. (2018). Statistik Kepariwisataan 2018. In Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Iswari, A. P. (2011). Galeri arsitektur nusantara di yogyakarta. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

Nugraha, S. W. (2019). Jalur Bedah Menoreh Digarap Mulai Tahun 2020. Tribun Jogja.

Prijotomo, J., & Adiyanto, J. (2004). Arsitektur Nusantara: menuju keniscayaan (pp. xi, 261 p.). Wastu Lanas Grafika. file://catalog.hathitrust.org/Record/005542246

Suwena, I. K., Widyatmaja, I. G. N., & Atmaja, M. J. (2010). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Udayana University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.