PENERAPAN ARSITEKTUR EKOLOGIS PADA PERANCANGAN HOTEL RESOR DI PANTAI KARANG JAHE REMBANG

Noor Fai'za Ni'matin Zahara, Wiwik Setyaningsih, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Pantai Karang Jahe merupakan salah satu wisata unggulan yang ada di Kabupaten Rembang. Fasilitas penunjang berupa akomodasi penginapan di sekitar Pantai Karang Jahe dibutuhkan untuk menunjang peningkatan jumlah wisatawan. Pantai Karang Jahe memiliki tingkat abrasi yang cukup tinggi sehingga dalam merencanakan suatu objek rancang bangun perlu memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan. Dengan kondisi dan potensi yang ada, tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan konsep desain arsitektur ekologis pada perencanaan dan perancangan Hotel Resor di Pantai Karang Jahe Rembang untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Penyelesaian desain pada hotel resor akan mengedepankan potensi lingkungan sekitar yang mampu dimanfaatkan untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Metode penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan data yang ada untuk menghasilkan konsep desain yang menerapkan prinsip-prinsip arsitektur ekologis yaitu pemeliharaan sumber daya alam, perhatian pada iklim setempat, pemaksimalan penghawaan dan pencahayaan alami, penggunaan sumber energi terbarukan, dan integrasi sistem-sistem dengan proses alam. Hasil dari penelitian ini berupa implementasi konsep desain arsitektur ekologis pada Hotel Resor di Pantai Karang Jahe Rembang melalui pengolahan tata letak massa yang mampu memaksimalkan pergerakan angin, penggunaan sumber energi matahari dan air laut, pemilihan material bangunan yang sesuai dengan klasifikasi arsitektur ekologis, pengolahan dan daur ulang limbah cair, dan tampilan bangunan yang memiliki ciri khas tersendiri.

Kata kunci: Pantai Karang Jahe, Kabupaten Rembang, Hotel Resor, Arsitektur Ekologis


Full Text:

PDF

References


Aji M.S., A. (2017, Maret 21). Jurusan Geografi. Retrieved from Pantai Karang Jahe Rembang: http://geografi.unnes.ac.id/2017/03/21/pantai-karang-jahe-kabupaten-rem/

Brenda, V., & Robert, V. (1991). Green Architecture, Design for a Sustainable Future. New York: Mc. Graw Hillbook, Inc.

Frick, H., & Suskiyatno, F. B. (2007). Dasar-Dasar Arsitektur Ekologis: Konsep Pembangunan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan. Yogyakarta: Kanisius.

Gewati, M. (2019, Maret 23). Industri Pariwisata Jadi Sektor Paling Hasilkan Devisa. p. 1.

Nirwandar, S. (2017). Tren Pariwisata 2018. sindonews.com.

Riskiani, N., Suastika, M., & Pitana, T. (2019). Penerapan Material Ekologis pada Desain Taman Rekreasi Pantai di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Senthong, Vol. 2, No. 1, 183-192.

Santi, M., Setyaningsih, W., & Winarto, Y. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Ekologis pada Pengembangan Resort Center di Kawasan Pantai Pancer Door Pacitan. Senthong, Vol.2, No.2, 469-478.

Yeang, K. (1995). Designing with Nature: The Ecological Basis for Architectural Design . New York: McGraw Hill Inc.

Yoeti, O. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.