KONSEP TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT PADA KAWASAN PENGEMBANGAN STASIUN KERETA API KROYA DI CILACAP

Vinky Nailia Rahma, Hardiyati Hardiyati, Kusumaningdyah Nurul Handayani

Abstract


Berdasarkan RENSTRA SKPD Kab. Cilacap, pemerintah merencanakan untuk mengembangkan sistem transportasi terpadu antar dan intra moda dengan fokus untuk mensinergikan pengembangan di perkotaan dan pedesaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan konsep Transit Oriented Development pada kawasan pengembangan Stasiun Kereta Api Kroya yang mampu mewadahi kegiatan transportasi kereta api serta mampu mensinergikan kawasan dengan moda transportasi umum lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui beberapa tahapan seperti observasi lapangan, dokumentasi, studi pustaka, dan studi preseden. Hasil dari penelitian berupa implementasi prinsip konsep Transit Oriented Development pada desain lansekap kawasan, program ruang, tampilan bangunan dan sirkulasi yang mampu mengintegrasikan stasiun kereta api dengan moda transportasi umum lainnya. Pada desain lansekap kawasan akan dirancang penataan potensi yang ada disekitar kawasan dengan mengelompokkan zonasi dan program ruang. kemudian, untuk sirkulasi dan aksesibilitas akan dirancang untuk memudahkan mobilitas stasiun maupun kawasan pengembangan, serta tampilan bangunan yang dirancang untuk menampilkan identitas dari kawasan pengembangan stasiun.

Full Text:

PDF

References


BAPPEDA. (2019). Peta Wilayah Administrasi. Cilacap: BAPPEDA KABUPATEN CILACAP.

Bintoro, D. (2020, January 28). Prospek Pengembangan Kawasan Industri di Cilacap. Diambil kembali dari Pemerintah Kabupaten Cilacap: https://cilacapkab.go.id/v3/begini-prospek-

pengembangan-kawasan-industri-di-cilacap/

BPS. (2018). Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin 2011-2018. Cilacap: Badan Pusat Statistika. BPS. (2020). Jumlah Penumpang Kereta Api, 2006-2020 (Ribu Orang). Cilacap: Badan Pusat Statistika.

Calthrope, P. (1992). City of San Diego Land Guidance System. San Diego: Calthrope Associates.

DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CILACAP. (2017). Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (RENSTRA SKPD).

PT.KAI. (2019). Banyaknya Penumpang Kereta Api di Cilacap 2012-2018. Cilacap: BPS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.