PENERAPAN PRINSIP EKOWISATA PADA REDESAIN FASILITAS PUSAT INFORMASI MANGROVE DI KOTA PEKALONGAN

Sarah Syarifah Hanun, Mohammad Muqoffa, Ana Hardiana

Abstract


Ekowisata merupakan bentuk kegiatan wisata yang bertanggungjawab terhadap pelestarian sumber daya alam serta peningkatan pendapatan masyarakat lokal. Pelaksanaan ekowisata di Indonesia berdasarkan pada lima prinsip, yaitu prinsip pelestarian, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan partisipasi masyarakat lokal. Kota Pekalongan memiliki Pusat Informasi Mangrove sebagai wadah pengelolaan ekosistem mangrove berbasis wisata alam. Pusat Informasi Mangrove dibangun dengan visi pengelolaan ekosistem mangrove yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar pesisir Kota Pekalongan. Berdasarkan visi tersebut, Pusat Informasi Mangrove memiliki potensi sebagai kawasan ekowisata. Akan tetapi, Pusat Informasi Mangrove belum memiliki fasilitas yang dapat mewadahi aktivitas berbasis ekowisata secara maksimal. Evaluasi purna huni dilakukan untuk mengetahui potensi dari fasilitas eksisting dan kebutuhan fasilitas baru pada kawasan. Hasil dari evaluasi purna huni akan menjadi dasar penerapan prinsip ekowisata pada redesain kawasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan prinsip ekowisata pada redesain fasilitas Pusat Informasi Mangrove di Kota Pekalongan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif-kualitatif berupa observasi pada kawasan Pusat Informasi Mangrove, wawancara dengan dinas terkait, studi literatur ekowisata, studi preseden, dan data evaluasi purna huni. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan prinsip pelestarian, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan partisipasi masyarakat lokal pada redesain fasilitas Pusat Informasi Mangrove di Kota Pekalongan.

Full Text:

PDF

References


Frick, H., & Suskiyatno, F. B. (2009). Seri Eko-Arsitektur 1: Dasar-dasar eko-arsitektur. Yogyakarta: PENERBIT KANISIUS (Anggota IKAPI).

Krisnawati, H. (2017). Hutan Mangrove untuk Mitigasi Perubahan Iklim. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengembangan Ekowisata di Daerah. (2009).

Preiser, W. F. E. (2001). The Evolution of Post-Occupancy Evaluation: Toward Building Performance and Universal Design Evaluation. In LEARNING FROM OUR BUILDINGS A State-of-the-Practice Summary of Post-Occupancy Evaluation. Washington DC: National Academy Press.

Romala, F. M. T., Musyawaroh, M., & Nugroho, P. S. (2020). PENERAPAN KONSEP EDUWISATA PADA PUSAT PENGOLAHAN SAMPAH PUTRI CEMPO. Senthong, 3(2), 415–426.

UNESCO Office Jakarta. (2009). Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000185506


Refbacks

  • There are currently no refbacks.